Soft Drink Dipercaya Petani India Ampuh Singkirkan Hama Tanaman
Sumber gambar: www.drinks-insight-network.com
in

Soft Drink Dipercaya Petani India Ampuh Singkirkan Hama Tanaman

UGET UGET – Bercocok tanam memang gampang-gampang susah. Ada banyak faktor yang menentukan keberhasilan panen. Butuh ketekunan dalam merawat tanaman agar bisa menghasilkan panen yang berkualitas dan berlimpah. Karenanya para petani yang berpengalaman biasanya melakukan cara-cara tertentu, bahkan meski itu tak lazim sekalipun. Seperti apa yang dilakukan banyak petani di India bagian timur, daerah Chhattisgarh yang menyemprotkan softdrink untuk mengatasi serangan hama pada tanamannya.

Hama menjadi salah satu masalah yang banyak membuat petani merugi. Datang seperti jelangkung yang tak diundang, hama membuat tanaman tak hidup dengan sehat. Sehingga hasil buah dan sayurnya dapat dipastikan rusak bahkan mati. Petani perlu mengakali agar tanamannya tak terkontaminasi zat berbahaya. Petani di India punya cara unik nih.

Mereka menyemprotkan softdrink Coca Cola dan Pepsi pada tanaman mereka. Seperti kita tahu softdrink adalah minuman bersoda yang tinggi gula. Harganya yang murah membuat softdrink banyak diandalkan untuk pengganti obat hama yang mahal harganya. Namun apakah benar ampuh mengusir hama?

Dilansir kebunpedia.com, seorang ilmuwan di India, Sanket Thakur, menganggap ini masuk akal mengingat tanamannya mendapatkan pasokan karbohidrat dan gula yang tinggi dari softdrink sehingga dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan kebal tanaman terhadap hama. Sehingga efektif untuk melawan hama yang mengganggu.

Bahkan banyak petani yang mengaku sukses menggunakan soft drink sebagai obat hama. Seorang petani di Durg, Dhamtari, Rajnandgaon mengaku berhasil menjauhkan tanamannya dari hama berkat campuran Pepsi dan Coca Cola. Kabarnya, di sana penggunaan softdrink sebagai obat hama sudah menjadi tren. Bahkan tak hanya dua merk tersebut saja, melainkan produk softdrink lain juga kerap digunakan oleh petani di sana.

Softdrink menjadi substitusi terbaik dari obat pestisida yang harganya bisa 10 kali lipat lebih mahal. Di sana, dengan soft drink, mereka hanya mengeluarkan dana sekitar Rp18.000 hingga Rp 20.000. Memang sih, kalau ada yang murah kenapa harus pilih yang mahal. Toh petani di sana sudah banyak yang membuktikan keberhasilannya. Saya juga jadi ingin coba. Apa benar berhasil ya? Nah kalian apa pernah mendengar atau mencoba sendiri teknik ini?

Sumber gambar: www.drinks-insight-network.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Ladyboy Thailand Tetap Harus Jalani Wajib Militer

Ladyboy Thailand Tetap Harus Jalani Wajib Militer

Begini Islam Memandang Pendidikan

Begini Islam Memandang Pendidikan