Smartphone Alo, Teknologi Masa Depan dengan Navigasi Melalui Perantara Suara dan Suhu

Smartphone Alo, Teknologi Masa Depan dengan Navigasi Melalui Perantara Suara dan Suhu

your ads here

UGET UGET – Teknologi masa depan akan terus berkembang. Hingga muncullah inovasi sebuah smartphone canggih yang digadang-gadang akan menjadi teknologi masa depan. Smartphone yang bernama Alo ini tidak memiliki layar sama sekali sehingga navigasinya sudah tidak lagi menggunakan teknologi layar sentuh atau yang kita kenal dengan touchscreen. Di samping itu, smartphone Alo ini menawarkan fitur unik gambar 3D berupa proyeksi hologram. Penasaran? Berikut gambarannya.

Smartphone ini merupakan hasil rancangan desainer asal Prancis, Jerome Olivet dan desainer dari Xiaomi Mi Mix, Phillippe Starck bekerja sama dengan perusahaan elektronik asal Perancis, Thomson. Dengan teknologi ini, nantinya smartphone tidak lagi dioperasikan dengan jari, melainkan hanya mengandalkan suara.

Dengan begitu, dilansir intisari.grid.id, penggunanya dapat berkomunikasi melalui getaran dan panas. Di dalam telepon akan ada sebuah pusat yang terbuat dari paduan aluminium yang akan bergetar dan memberi umpan balik kepada pengguna lain melalui perantara suhu.

Teknologi ini diklaim Olivet sebagai kecerdasan buatan yang sejati. Sebab dilansir telset.id, untuk mengoperasikan smartphone ini, penggunanya cukup memberi perintah lewat suara pada asisten AI seperti Google Assistant, Siri, Cortana atau lainnya yang otomatis akan direspon untuk melaksanakan perintah suara tersebut.

Apakah sudah ada bayangan akan gambaran smartphone Alo ini guys? Dari bentuknya saja sudah unik. Melihat inovasi ini, saya jadi teringat pada sebuah film berjudul Her. Film ini menceritakan seorang penulis kesepian bernama Theodore yang belum lama bercerai dengan istrinya.

Film ini memang bergenre drama fiksi ilmiah yang berlatar belakang kehidupan modern yang semuanya serba terkoneksi dengan internet. Dikisahkan Theodore ini membeli sebuah OS dan menginstal di komputernya. OS itu memberikan pilihan apakah ingin memilih suara laki-laki atau perempuan.

Theodore pun memilih suara perempuan. Sistem OS ini begitu canggih, alat-alat yang digunakan dalam film ini pun kebanyakan sudah diperintahkan dengan suara dan bisa ditampilkan dalam bentuk hologram. Sistem OS ini pun bisa merespon suara dengan fleksibel layaknya percakapan dengan sesama manusia.

Komputer bisa dinyalakan hanya dengan perintah suara, berkirim email bisa dengan mudah dilakukan dengan meminta sistem OS melakukannya. Sama halnya dengan membuka gambar, memutar video, menghapus pesan, dan sebagainya semuanya dilakukan hanya dengan memberi perintah.

Menurut saya, smartphone ini akan sangat membantu para pekerja dengan mobilitas yang tinggi. Apalagi sekarang banyak sekali orang gila kerja. Orang dituntut untuk bisa multitasking agar pekerjaannya dapat segera terselesaikan. Nah sepertinya dengan mengandalkan perintah suara seperti ini, akan sangat membantu.

Selain itu, smartphone ini menurut saya juga ramah bagi mereka yang tidak bisa melihat atau tunanetra. Sebab dengan hanya memberikan perintah suara, penggunanya sudah bisa berkomunikasi. Sekiranya perkembangan teknologi semakin bisa menjawab tantangan zaman.

Sumber gambar: mashable.com

your ads here
4

No Responses

Show all responses

Write a response

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi