Smartphone 1.3 Jt Dengan RAM 2GB dan Internal 16GB, Ada Kok
Sumber gambar: YouTube.com
in

Smartphone 1.3 Jt Dengan RAM 2GB dan Internal 16GB, Ada Kok

UGET UGET – Kebutuhan smartphone tidak bisa ditunda lagi, Setiap orang pasti memiliki minimal sebuah smartphone. Ponsel jadul dengan layar monokrom sudah lama ditinggalkan, meskipun jarang ada yang memakai tetapi orang orang tua yang menginginkan komunikasi lancar masih menggunakan ponsel jadul. Di kampung saya masih ada beberapa yang menggunakannya. Mereka tidak peduli dengan sosial media dan internet. Yang penting bisa telpon, sudah lebih dari cukup.

Untuk kelas smartphone, saat ini minimal menggunakan RAM 2GB kemudian juga dilengkapi dengan layar sebesar 5 inci. Untuk masalah prosesor bisa lebih fleksibel. Kamu bisa memilih menggunakan prosesor dari MediaTek ataupun dari Qualcomm. Tapi kebanyakan ponsel smartphone yang stabil menggunakan prosesor dari Qualcomm. Mereka merilis beberapa seri Snapdragon yang kian hari performanya semakin meningkat, bahkan bisa menjalankan sistem operasi Windows dari Microsoft. Terus aja sudah dimodifikasi agar bisa berjalan pada platform Snapdragon.

Saat ini saya memang sedang mencari smartphone dengan spesifikasi seperti diatas. Bisa dikategorikan, spesifikasi di atas adalah spesifikasi menengah ke bawah. Tidak terlalu bagus tetapi masih bisa melayani kebutuhan sehari-hari. Yang jadi masalah adalah mengenai budget. Budget saya Tidaklah terlalu banyak hanya sekitar 1,3 juta saja. Bukan masalah terlalu pelit tetapi saya ingin mengejar efektivitas aja. Jika dengan ponsel seharga itu, saya masih bisa produktif maka kenapa saya harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi? Itu namanya pemborosan

Saya pernah membaca sebuah quote, entah dari siapa Saya lupa.

Jika kamu mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak kamu perlukan, maka suatu hari nanti kamu harus menjual sesuatu yang kamu perlukan dalam hidup.

Pesan ini selalu saya ingat, Intinya kita tidak boleh menghambur-hamburkan uang seberapapun kita memiliki kekayaan. Ini bukan masalah pelit atau gila harta, Tetapi saya memandangnya lebih kepada menghargai kekayaan. Kita masih bisa mengeluarkan harta pada tempat yang lebih tepat. Dan tentunya bisa mendatangkan manfaat daripada menghambur-hamburkan ada sesuatu yang tidak jelas.

Saya yakin dengan uang segitu saya bisa mendapatkan smartphone sesuai dengan yang saya inginkan. Mulailah Saya mencari di beberapa online shop terpercaya. Dan kandidatnya seperti dibawah ini

1. Asus Zenfone Go ZC500TG

Smartphone 1.3 Jt Dengan RAM 2GB dan Internal 16GB, Ada Kok

Harga Rp 1.200.000

  • Prosesor Quad-Core 1.3 GHz
  • Sistem Operasi : Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Ukuran Layar 5 Inch HD, 1280 x 720 piksel
  • Memori RAM 2 GB, dan internal 16 GB
    kamera 8 MP, depan 2 MP

Kesan : Smartphone dari Asus ini memiliki spesifikasi yang cukup baik. Memiliki 2GB RAM, internal memori 16 gigabyte. Kameranya tidak terlalu saya pusingkan. Tapi yang cukup mengecewakan adalah Androidnya masih menggunakan versi 5. Sedangkan procesornya saya tidak mengetahui secara pasti jenisnya apa.

Untuk harganya masuk ke dalam Radar.

2. Polytron Zap 6 Posh 4G501

Polytron Zap 6 Posh 4G501
Polytron Zap 6 Posh 4G501

Harga Rp 1.200.000

  • Chipset : Mediatek MT6735A, Quadcore A53 64 bit 1.3 GHz
  • Ukuran layar : 5.0 Inch Full lamination screen, 2.5R (curve screen)
  • OS : Android Lollypop 5.1 with Fira OS
  • Kamera : 8 Mpix Auto Focus (Rear) + 5 Mpix Fixed Focus (Front)
  • Memory : 2 GB RAM, dan 16 GB internal memori

Kesan : Terus terang saja, saya kurang percaya dengan brand Polytron. Selama ini Polytron dikenal sebagai merk peralatan elektronik seperti kulkas dan televisi. Hadirnya smartphone dalam lini produk Polytron menjadi sedikit aneh, meskipun hal itu boleh-boleh saja tapi saya kurang percaya.

Jadi untuk produk yang satu ini, saya skip. Next

3. Lenovo A6600 Plus

Lenovo A6600 Plus
Lenovo A6600 Plus

Harga Rp 1.250.000

  • OS : Android 6.0 (Marshmallow)
  • Prosesor : Quad-core 1 GHz MediaTek MT6735P 64-bit
  • Memori : 16 GB dan 2 GB RAM
  • Kamera : 8 MP dan 2 MP
  • Layar : 5.0 Inch, 720 x 1280 pixel

Kesan : Lenovo adalah brand yang cukup bagus. Mereka mengeluarkan berbagai macam Smartphone mulai dari kelas bawah sampai kelas atas, dan harganya tapi masuk akal daripada Samsung. Saya pernah memiliki smartphone dari Lenovo dan saya rasa produknya cukup awet, meskipun terkesan murahan karena menggunakan bahan plastik.

Lenovo A6600 Plus memiliki spesifikasi yang saya inginkan yaitu RAM 2GB, internal memory 16GB dan ukuran layar sebesar 5 inci. Standard ponsel masa kini. Sayangnya, inti prosesor menggunakan produk dari MediaTek. Orang menyebut MediaTek adalah prosesor kelas kedua.

Paling tidak Lenovo A6600 Plus menggunakan Android 6.0. Sedikit nilai tambah yang memuaskan.

4. Evercoss U50A+ Winner Y

Evercoss U50A+ Winner Y
Evercoss U50A+ Winner Y

Harga Rp 1.250.000

  • Prosesor : Quad Core 1.25 GHz
  • OS : Android 7.0 Nougat
  • Layar : 5.0 Inch
  • Memori : 16 GB dan RAM 2 GB
  • Kamera : 8 MP dasn 8 MP

Kesan : Evercoss dikenal sebagai merek ponsel lokal meskipun perakitannya di negeri Cina. Ponsel Evercoss yang satu ini sudah menggunakan Android 7.0 Nougat. Spesifikasi hampir sama dengan Lenovo, tetapi Saya khawatir dengan Daya tahannya. Karena saya pernah membeli ponsel Cina (ponsel lokal), selang beberapa bulan sudah berkali-kali masuk service center yang tidak jelas.

Meskipun sudah menggunakan Android yang terbaru, Saya memutuskan untuk membuang jauh-jauh merk.

Kesimpulan

Dengan dana sekitar 1,3 juta, paling tidak kita bisa memilih salah satu dari keempat ponsel ini. Dan pilihan yang rasional adalah Lenovo A6600 Plus, meskipun masih menggunakan Android marshmallow, performa ponsel ini masih bisa menghandle kebutuhan sehari-hari. Biasanya kita pergunakan waktu salahnya untuk berkomunikasi melalui instant Messenger, Browsing di internet dan menelpon.

Sumber gambar: YouTube.com

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Metode Pembelajaran The Marshmellow Test Untuk Bantu Lihat Kesuksesan Anak

Metode Pembelajaran The Marshmellow Test Untuk Bantu Lihat Kesuksesan Anak

Fenomena Pelatih Pindah Klub dan Ajak Pemain Andalan Pindah Juga

Fenomena Pelatih Pindah Klub dan Ajak Pemain Andalan Pindah Juga