Sikap Kekanak-kanakan Saat Pacaran Bisa Jadi Bumerang Bagi Dirimu
Sumber gambar: idntimes.com
in

Sikap Kekanak-kanakan Saat Pacaran Bisa Jadi Bumerang Bagi Dirimu

UGETUGET | Anak-anak biasanya identik dengan sifatnya yang masih labil dan manja. Mereka masih belum bisa menahan emosi dan egoisme pribadinya. Namun sifat semacam itu tidak hanya dimiliki oleh anak-anak saja. Melainkan orang dewasa bahkan lanjut usia sekalipun juga bisa bersikap layaknya anak kecil. Orang biasa menyebutnya dengan istilah kekanak-kanakan atau childish.

Kalau menyinggung sedikit dalam ranah psikologi, sikap kekanak-kanakan ini dapat dijelaskan dalam teori struktur kepribadian milik Sigmund Freud, di mana manusia memiliki tiga unsur kepribadian, yakni Id, Ego, dan Superego.

Nah dalam diri anak kecil, Id yakni cerminan perilaku naluriahnya masih sangat dominan. Karenanya anak kecil cenderung bersikap dan berperilaku berdasarkan dorongan kesenangannya saja.

Semuanya harus sejalan dengan keinginannya. Semua harus segera dituruti, kalau tidak mereka akan menangis, marah, mengomel, atau mengambek.

Sifat kekanakkan ini juga bisa muncul dalam hubungan berpacaran. Nah apakah kamu termasuk orang yang kekanak-kanakan bagi pacarmu? Yuk coba refleksi dirimu kembali.

Menjadi Tolak Ukur Kedewasaan

Ketidakmampuanmu mengontrol emosimu dapat menjadi tolok ukur tingkat kedewasaanmu lho. Misalnya saja kamu sering mengomel hanya untuk hal-hal kecil yang sebenarnya tak perlu diributkan. Kamu mudah marah dan jengkel pada sikap pasanganmu.

Sepasang kekasih yang sedang bertengkar
Sumber gambar: popular-world.com | Sepasang kekasih yang sedang bertengkar.

Kamu juga kerap menanggapi perkataan pacarmu dengan nada tinggi. Belum ada penjelasannya, kamu sudah keburu naik pitam duluan. Pokoknya di matamu dia selalu salah. Apa yang ada di kepalamu hanya prasangka buruk.

Bahkan kamu sampai menggadaikan hubunganmu di setiap pertengkaran. Dalam artian kamu selalu mengancam minta putus kalau pacarmu tak menuruti kemauanmu. Wah itu sih sudah level parah alias tega. Lama kelamaan pacaran denganmu hanya menguras energi dan membuat pacarmu tertekan.

Mengumbar Emosi

Tak hanya itu, tanda kamu belum dewasa lainnya adalah ketika kamu sering mengumbar emosimu bahkan ke sosial media.

Kamu merasa belum puas meluapkan amarahmu hanya padanya secara langsung, melainkan kamu merasa perlu memberikannya pelajaran agar tak mengulangi perbuatannya dengan memperlihatkan ke publik mengenai sisi buruk atau betapa menyebalkannya pacarmu itu.

Masalah yang tadinya kecil, kemudian melebar hingga orang lain tahu.

Nah kalau merasa telah bersikap kekanak-kanakan selama ini, masih ada waktu untuk memperbaiki diri kok guys. Hal yang perlu kamu ingat adalah hubungan itu bukan lelucon dan sikap kekanak-kanakanmu itu hanya akan membuat hubungan menjadi tidak harmonis, tak ada kedamaian, bahkan bisa membuat perasaan sayang pasanganmu kian luntur.

Iya dong, siapa yang mau terus menerus dijadikan pelampiasan amarah seperti itu? Ungkapan ‘untung sayang’ tidak akan seterusnya bisa menyelamatkan hubungan kalian. Karenanya perlu ada kesabaran dari masing-masing kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Istimewanya Wonderkid Ajax, Frankie De Jong

Istimewanya Wonderkid Ajax, Frankie De Jong

Pantai Nglambor, Pantai yang Cocok Buat Snorkeling

Pantai Nglambor, Pantai yang Cocok Buat Snorkeling