Sihir Sir Alex Ferguson
Sumber gambar: ww.dailymail.co.uk
in

Sihir Sir Alex Ferguson

UGET UGET – Sir Alex Ferguson atau biasa disebut Opa Fergie bernama asli Sir Alexander Chapman Ferguson. Ia lahir di Glasgow, Skotlandia 31 Desember 1941 atau berumur 74 tahun. Ia seorang juru racik dan mantan pemain sepak bola yang berasal dari Skotlandia, yang pernah menangani Manchester United FC.

Ia telah bertugas lebih dari 1.000 pertandingan dalam karirnya. Dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik dalam sejarah, dia telah memenangkan lebih banyak trofi daripada pelatih manapun sepanjang sejarah sepak bola Negara Ratu Elisabeth.

Dia telah menangani Manchester United sejak tanggal 6 November 1986 sampai 19 Mei 2013 dengan laga pamungkas melawan WBA. Setelah Fergie pensiun dia digantikan oleh David Moyes (terhitung mulai 1 Juli 2013).

Karir sepak bola Ferguson dimulai ketika ia bergabung dengan klub amatir Queens Park pada umur 16 tahun. Berposisi sebagai striker, ia mencetak 20 gol pada musim debutnya dan pada musim berikutnya pindah ke klub amatir St. Johnstone.

Di klub barunya, Ferguson mengejutkan publik dengan mencetak hat-trick melawan klub idolanya Glasgow Rangers. Penampilan yang ciamik membuat ia dikontrak secara profesional oleh Dunfermline.

Pada musim perdananya Ferguson berhasil mencapai final Piala Skotlandia melawan Glasgow Celtic akan tetapi kalah dengan skor 3-2. Ferguson sendiri tidak tampil dalam final karena penampilan buruknya ketika melawan St. Johnstone pada pertandingan sebelumnya. Di musim keduanya bersama Dunfermline, ia berhasil keluar sebagai pencetak gol terbanyak Liga Skotlandia bersama Joe McBride dengan 31 gol.

Prestasi ini akhirnya mengantarkan Ferguson ke klub impiannya sejak kecil, Glasgow Rangers. Masa-masa di Rangers ternyata tidak membuat nyaman Ferguson. Ia lebih sering di bangku cadangan dan berlatih dengan tim junior. Hal ini membuat Fergie tidak betah dan hanya bertahan 2 musim bersama Rangers.

Sihir Sir Alex Ferguson
Sumber gambar: ww.dailymail.co.uk

Ia kemudian ditawari pindah oleh klub Inggris, Nottingham Forest. Akan tetapi istrinya, Cathie tidak menyetujui kepindahan mereka ke Inggris. Ia lalu memilih untuk pindah ke klub Falkirk. Ferguson dipromosikan sebagai pelatih merangkap pemain. Namun tak lama kemudian jabatannya digantikan oleh John Prentice.

Ferguson kemudian memilih untuk pindah ke Ayr United dimana ia bermain di sana sampai pensiun sebagai pemain pada 1974. Sebagai pemain Ferguson telah mencetak total 170 gol dalam 317 pertandingan.

Pada umurnya yang berumur 32 Tahun (bulan Juni 1974), Fergie mengakhiri karirnya di dunia Pemain dan menjadi Pelatih tim-tim kecil. Fergie melatih 4 klub dan 1 Tim Nasional yaitu:

Klub
– East Stirlingshire pada tahun 1974
– St. Mirren (1974-1978)
– Aberdeen (1978-1986)
– Manchester United ( 1986 -2013 )

Tim Nasional
– Skotlandia ( 1985-1986 )

Pertandingan debutnya sebagai pelatih bersama Man. Utd awalnya memang sedikit mengecewakan dengan berakhir kekalahan 2-0 atas klub underdog, Oxford United. Diikuti oleh hasil imbang 0-0 seminggu berikutnya melawan Norwich City. Kemenangan perdana United dibawah asuhan Fergie hadir pada 22 November 1986 ketika Red Devils mengalahkan Queens Park Rangers 1–0 di Old Trafford.

Sir Alex menjadi pelatih tersukses dalam sejarah sepak bola Inggris, dengan memimpin tim memenangkan 13 gelar juara Liga Premier Inggris.

Kini ia telah pensiun sebagai pemain maupun pelatih. Memang banyak fans yang merindukan aksinya di pinggir lapangan dengan teriakan teriakan ambisinya saat menjadi pelatih. Kini Fergie hidup lebih tenang dan menjadi pensiunan yang sukses .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Terus-Terusan Lupa Pada Ceritamu, Tanda Kalau Cintamu Tak Terbalaskan

Terus-Terusan Lupa Pada Ceritamu, Tanda Kalau Cintamu Tak Terbalaskan

Kisah Model yang Alami Kegemukan Ini Mungkin Bisa Memotivasi Proses Dietmu

Kisah Model yang Alami Kegemukan Ini Mungkin Bisa Memotivasi Proses Dietmu