Si Kecil Bercita-cita Ingin Menjadi Princess, Wajar Nggak Sih?
Sumber gambar: www.aliexpress.com
in

Si Kecil Bercita-cita Ingin Menjadi Princess, Wajar Nggak Sih?

UGET UGET – Banyak anak gadis punya kecenderungan yang sama, yakni bercita-cita ingin menjadi princess. Biasanya anak-anak suka meniru gaya berpakaian, gaya rambut, juga tindak tutur bak ratu dalam kerajaan dongeng. Mungkin ada beberapa orang tua yang bingung dan khawatir dengan cita-cita yang tak lazim seperti itu. Namun Ayah Bunda tidak perlu khawatir kok. Ini penjelasannya.

Mungkin terbesit sedikit kekhawatiran kita para orang tua pada anak yang bercita-cita ingin menjadi seorang princess.

“Mau jadi apa anakku besok kok cita-citanya ingin jadi princess?”
“Aduh anakku belum paham kalau princess itu bukan profesi”
“Aduh princess itu kan hanya ada dalam dunia khayalan”
“Apa manfaatnya bergaya ala princess begitu, bagaimana menegurnya ya?”

Ayah Bunda tidak perlu cemas. Biarkan saja si kecil merealisasikan segala obsesinya. Citra seorang princess yang banyak diceritakan dalam dongeng dan film kartun, secara langsung berdampak pada upayanya meniru baik gaya maupun kepribadian karakter princess idolanya.

Dilansir kompas.com (27/2), menurut psikolog anak dan keluarga dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Irma Gustiana Andriana, orangtua tak perlu khawatir karena hal itu merupakan fase perkembangan imajinasi anak. Ini wajar karena daya khayal mereka tinggi dan maunya meniru. Apalagi film Disney memang menarik, banyak musik dan tarian, sehingga anak-anak merasa jadi princess itu menyenangkan.

Disney seakan menjadi sebuah kerajaan raksasa yang begitu melekat dengan dunia imajinasi kita. Tak hanya anak kecil bahkan orang dewasa pun tergila-gila menjadi seorang princess. Parasnya yang cantik, perilakunya yang baik hati, santun, anggun, lemah lembut, cerdas, bahkan terkadang digambarkan sebagai sosok yang pemberani – tak dipungkiri dapat membius ketertarikan anak-anak.

Sosok princess terlihat begitu keren dan mempesona bagi mereka. Maka tak ayal, princess menjadi idola banyak anak-anak. Bahkan banyak yang sengaja meniru baik rambut, gaya berpakaian, hingga gaya perilaku princess kesukaannya. Ada yang ingin menjadi Princess Elsa, Princess Anna, Moana, Aurora, Snow White, Jasmine, Ariel, Rapunzel, Mulan, Pocahontas, dan masih banyak lagi.

Orang tua tak perlu melarang kecintaan anak akan princess idolanya. Biarkan saja anak berimajinasi dengan bebas. Namun yang perlu orang tua perhatikan adalah untuk terus memastikan bahwa anak mendapat nilai positif dan meniru sikap yang baik dari para tokoh idolanya.

Sumber gambar: www.aliexpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Tottenham Hotspur vs Juventus Duel UCL Paling Seru Pekan ini

Tottenham Hotspur vs Juventus: Duel UCL Paling Menarik Pekan ini

Punya Teman Lemot, Justru Dialah yang Paling Ngangenin

Punya Teman Lemot, Justru Dialah yang Paling Ngangenin