Si Doel The Movie: Nostalgia Romansa 90’an
Sumber gambar: Kompas
in

Si Doel The Movie: Nostalgia Romansa 90-an

UGET-UGET | Generasi 90-an pasti mengenal Si Doel Anak Sekolah. Serial televisi ini mengangkat nama Rano Karno ke dalam jajaran artis papan atas Indonesia. Saya sebagai penonton tidak setia pada masa itu, bisa sedikit memahami kenapa film ini terus dikenang dan diingat banyak orang.

Melihat Si Doel di masa kecil adalah melihat gambaran masyarakat Betawi dengan segala keluguan dan kepolosannya. Melalui serial televisi yang tidak setiap hari saya tonton ini, saya melihat bagaimana berbagai macam budaya dari seluruh daerah Indonesia bisa hidup dan menghidupi satu masyarakat kecil di pojokan Jakarta.

Tak ada ketegangan, konflik pun hanya sekitar persoalan asmara tanpa keinginan untuk menyisipkan pesan-pesan politik dalam setiap dialognya. Alhasil, serial televisi ini berhasil mencuri hati segenap penduduk Indonesia. Menjadikannya sebagai salah satu serial yang paling sering dibicarakan, bahkan hingga saat ini.

Si Doel The Movie: Nostalgia Romansa 90’an
Sumber gambar: Kumparan

12 tahun setelah episode terakhir Si Doel ditayangkan, Rano Karno tak lagi semuda dulu. Perutnya tampak buncit, mungkin karena aktivitas politik menjauhkannya dari kondisi lapangan. Beberapa artis pun juga tampil demikian. Namun, yang mengharukan adalah betapa sambutan masyarakat demikian besar kala peluncuran Si Doel The Movie di bioskop Pathe Tuchinski, Amsterdam, Belanda pada hari Senin lalu.

Penayangan perdana film Si Doel The Movie dibuka dengan tarian indah dari kelompok penari Dutch Dance Girl yang menggunakan latar musik Si Doel. Setelah itu, ruangan bioskop senyap, pertanda film akan dimulai.

Setelah itu, terdengar soundtrack serial Si Doel, lagu yang tak asing di telinga bagi penggemar serial ini pada masa lalu. Lalu, terdengar suara percakapan dari mendiang Benyamin Sueb yang memerankan Babe Sabeni serta potongan beberapa scene dari serialnya. Dan cerita pun dimulai.

Melanjutkan Cerita Dulu 

Film Si Doel The Movie melanjutkan dari serial terdahulunya. Dalam cerita tersebut, Sarah meninggalkan Doel selama 14 tahun dalam keadaan mengandung. Ditinggal Sarah yang dicintainya, membuat Doel akhirnya menikahi Zaenab, gadis yang juga mencintai Doel.

Beberapa saat berselang, salah satu kawan Doel yang bernama Hans, meminta bantuannya untuk membawa perlengkapan khas budaya Betawi ke Belanda untuk persiapan Ting Tong Festival. Ternyata, Hans berencana lain.

Si Doel The Movie: Nostalgia Romansa 90’an
Sumber gambar: Jabar Ekspres Online

Hans ingin mempertemukan Doel dengan Sarah dan anaknya. Sedang Zaenab yang ditinggal Doel di Jakarta, hidup dalam perasaan resah dan was-was kala mengetahui bahwa Sarah pun tinggal di Belanda, negara kepergian Doel. Lalu bagaimana akhirnya?

Nostalgia

Tema cinta bertepuk sebelah tangan tampaknya tak akan pernah habis untuk dieksplorasi. Tak akan pernah membosankan untuk disajikan dengan beragam varian dan kisahnya. Begitu pula Si Doel, melihat ketegangan asmara antara Doel, Sarah dan Zaenab, kita sebagai penonton dibawa untuk kembali menekuni perjalanan masa lalu mereka.

Si Doel The Movie: Nostalgia Romansa 90’an
Sumber gambar: Kompas

Sekilas formula yang digunakan terlihat sama, pun tokoh dan aktornya. Namun, ketika melihat Si Doel dalam lanskap yang lebih luas, tampak ajakan Rano Karno untuk bernostalgia tidak hanya ditujukan pada masyarakat Indonesia saja.

Pemilihan lokasi syuting dan peluncuran perdana, serta hiruk pikuk yang menyertainya, seperti menjadi pengingat kedekatan antara Indonesia dan Belanda yang tampaknya sudah lama terlupakan.

Akankah kemunculan film ini menjadi satu pemicu yang akan mengharmoniskan hubungan kedua negara, baik di bidang kebudayaan maupun ekonomi dan politik? Kita belum tahu. Begitu pula dengan saya. Kita tunggu saja akhirnya.

Biru Samudra

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Viral Bayi Jepang Lucu yang Memiliki Rambut Super Tebal

Viral Bayi Jepang Lucu yang Memiliki Rambut Super Tebal

International Festival Angklung Kuningan 2018

International Festival Angklung Kuningan 2018: Kenikmatan Musik Tradisi