Cewek Banget

Si Caper yang Selalu Umbar Info Pribadinya, Tanda Belum Bijak Bermedia

UGET UGET – Main media sosial sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Selain untuk mencari hiburan, media sosial kerap digunakan untuk menyalurkan perasaan atau pendapat pribadi. Sayangnya dari sekian banyak pengguna, ada saja yang suka caper (cari perhatian). Setiap hal selalu dia bagikan ke sosial media, seakan semua orang harus tahu tentangnya; baik kegembiraan maupun kesulitannya.

Ada kalanya orang lain tak ingin tahu tentang kehidupan kita. Atau ada kalanya kita harus tetap menjaga garis pembatas antara wilayah privat kita dengan publik. Nah saat kita bermedia sosial, penting untuk punya kesadaran itu.

Tak semua hal harus kamu bagikan. Tak semua hal tentangmu penting bagi orang lain. Dan tak semua orang pula ingin mendengar ceritamu. Kalau kamu bukan seorang tokoh publik, mungkin ini akan sedikit menyebalkan bagi orang lain.

Si pencari perhatian (caper) ini suka sekali menceritakan segala tentangnya. Saat ada orang lain berbicara, si caper akan seenaknya memotong pembicaraan. Dia begitu senang menceritakan segala kegiatannya, padahal tidak ada orang yang bertanya.

Pokoknya dunia harus tahu segala hal tentangnya. Segala update informasi akan langsung dia gembar-gemborkan sana sini. Entah kenapa, si caper ini beranggapan bahwa dunia hanya berpusat pada dirinya. Hingga tak ada jarak sama sekali antara dirinya dengan orang lain. Dia pun selalu berharap agar kemudian orang lain bisa memahami, mengomentari, memuji, hingga berempati pada dirinya.

Apa itu yang dinamakan star syndrom ya? Si caper ini bersikap seolah-olah orang lain ingin mengetahui segala apa tentang kehidupan pribadinya. Baik itu berita bahagia, kegundahan, aib, hingga kesedihannya. Si caper ini dapat dikatakan belum sepenuhnya dewasa; belum bisa nge-keep informasi, dan belum bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.

Contohlah banyak video yang beredar belakangan ini. Mulai dari anak kecil yang mem-video dirinya sedang menangis karena habis putus dengan pacarnya, mpok Alpa yang sudah dandan habis-habisan tapi tak pernah diajak pergi sama suaminya, atau kisah TKW yang sengaja membeberkan kesedihannya setelah dicampakkan oleh pasangan sejenisnya, dan sebagainya.

Miris memang melihat video-video seperti itu. Ya mereka itu adalah beberapa contoh tingkah orang caper. Nah dari situ, kita bisa belajar kan betapa memalukannya bersikap seperti itu? Maka, bijaklah dalam berelasi dan bermedia ya.

Sumber gambar: www.teeturtle.com

Bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi