Seputar Gaya Hidup dan Obesitas yang Harus Kamu Pahami
Sumber gambar: gayahidupsehat46.blogspot.com
in

Seputar Gaya Hidup dan Obesitas yang Harus Kamu Pahami

UGET-UGET | Gaya hidup dan obesitas, dua kata yang tentunya sudah tidak asing bagi kamu. Apa sih hubungan dari kedua hal tersebut? Apakah ada kaitannya? Apa itu gaya hidup dan apa itu obesitas? Yuk kita bahas satu per satu.

Orang pada umumnya mengenal obesitas sebagai kelebihan berat badan. Akibatnya tubuh bisa menjadi lebih besar dan juga gemuk. Semua orang pastinya tidak menginginkan kondisi obesitas ini karena kondisi kelebihan berat badan ini sangat tidak baik bagi tubuh. Namun terkadang obesitas itu sulit dicegah karena banyaknya aktivitas seseorang sehingga menyebabkan konsumsi makan berlebih. Untuk itu obesitas dan gaya hidup itu memang ada kaitannya.

Apa Itu Obesitas?

Obesitas merupakan ketidaknormalan atau kelebihan akumulasi lemak yang menyebabkan bahaya pada kesehatan. Obesitas dapat terjadi pada seseorang akibat terlalu banyak makan, tetapi tidak diseimbangkan dengan melakukan aktivitas fisik yang cukup, seperti olahraga contohnya

Obesitas bisa terjadi karena setiap makanan yang dikonsumsi seseorang akan diubah menjadi energi oleh tubuh. Kemudian apabila kita tidak membakar energi tersebut dengan aktivitas fisik, sebagian makanan yang tidak ikut terbakar menjadi energi akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak. Lemak yang semakin menumpuk inilah yang akan menyebabkan obesitas pada seseorang.

Bagaimana kategori seseorang bisa disebut obesitas?

Sebenarnya obesitas bisa kita cegah jika kita mengetahui seputar indeks massa tubuh (IMT) dan dapat menghitungnya dengan benar. Seseorang dapat dikatakan mengalami obesitas ketika indeks massa tubuh (IMT) sama atau lebih dari 30.

Cara menghitung indeks massa tubuh, yaitu dengan perhitungan berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m) yang dikuadratkan. Misalnya jika kita memiliki berat badan seberat 70 kg dengan tinggi 150 cm (1,5 m) maka perhitungannya akan seperti 70/(1,5)2 = 31. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa IMT kita ada diatas 30 yaitu 31 yang berarti kita sudah termasuk obesitas.

Penyebab obesitas selain konsumsi makanan yang berlebih juga bisa disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Obesitas memang dapat disebabkan oleh faktor genetik, tetapi hal tersebut tidak boleh kita jadikan alasan untuk menyerah untuk mendapatkan tubuh ideal yang kita dambakan. Dalam hal ini gaya hidup dan obesitas sangat berkaitan.

Obesitas memiliki pengaruh yang cukup besar dalam hal obesitas. Jika gaya hidup kita baik, tentu saja kita juga bisa mendapatkan tubuh yang ideal dan tentu saja kita bisa terhindar dari obesitas.

 

Seputar Gaya Hidup dan Obesitas yang Harus Kamu Pahami
Sumber gambar: gayahidupsehat46.blogspot.com

Apa Itu Gaya Hidup?

Gaya hidup merupakan sikap serta kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok tertentu. Gaya hidup ada yang sehat ada pula yang sehat, tergantung dari seseorang itu sendiri mau memilih yang mana. Karena sesungguhnya gaya hidup itu pilihan. Kalau mau sehat tentu saja memilih gaya hidup sehat seperti dari bagaimana makanannya, aktivitasnya, serta perilakunya.

Gaya hidup tentu saja membawa dampak untuk seseorang. Gaya hidup yang sehat tentu saja dapat membuat seseorang lebih bahagia dan dapat berpengaruh baik bagi kesehatan. Sebaliknya gaya hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan penyakit, salah satunya adalah obesitas.

Hubungan antara gaya hidup dan obesitas contohnya seperti pada seringnya mengkonsumi makanan yang berlebih, khususnya yang mengandung lemak. Selain itu juga pada gaya hidup mengkonsumsi makanan dalam porsi besar yang mengandung banyak karbohidrat, hal itu dapat menyebabkan pankreas harus bekerja keras memproduksi lebih banyak insulin dan kadar gula pun akan meningkat. Konsumsi lemak yang melampaui kebutuhan tubuh akan energi dapat menimbulkan penimbunan lemak yang menyebabkan obesitas.

Itulah seputar gaya hidup dan obesitas yang sebaiknya kamu tahu dan pahami. Keduanya sangat berkaitan. Jika salah satunya kita jaga, maka hal yang lain juga akan terjaga. Seperti contohnya ketika kita menjaga gaya hidup untuk tidak makan-makanan yang berlemak dan terus beraktivitas fisik, maka kita akan terhindar dari obesitas.

Sumber: Boyer, B. A., & Paharia, M. 2007. Comprehensive Handbook of Clinical Health Psychology. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Erau International Art Festival: Tradisi Setempat yang Mendunia

Erau International Art Festival: Tradisi Setempat yang Mendunia

Japan On Ista Stasiun Radio di Jogja yang Memutarkan Lagu Jepang di Masa Kini

Japan On Ista: Stasiun Radio di Jogja yang Memutarkan Lagu Jepang di Masa Kini