Sepatu Kets Gumshoe Bantu Kurangi Sampah Permen Karet
Sumber gambar: designboom.com
in

Sepatu Kets Gumshoe Bantu Kurangi Sampah Permen Karet

UGET UGET – Sepatu menjadi kebutuhan dasar untuk melindungi kaki dari gesekan benda tajam serta debu dan kotoran. Sepatu biasanya dibuat dengan bahan karet yang membuatnya lentur dan nyaman dipakai. Karenanya menggunakan sepatu sangatlah menunjang kenyamanan. Namun, uniknya sepatu kali ini tak dibuat dari karet sembarangan lho guys.

Sepatu kets Gumshoe ini merupakan sepatu kets yang terbuat dari bahan permen karet daur ulang. Dari namanya saja tentu kamu sudah bisa menebaknya. Ini yang membuat sol sepatu Gumshoe unik dan berbeda dari sepatu pada umumnya. Rupanya ide cemerlang ini berasal dari keprihatinan Anna Bullus, yang merupakan seorang desainer sekaligus direktur perusahaan Gumdrop, saat melihat banyaknya permen karet yang berceceran di trotoar.

Mengunyah permen karet memang menjadi andalan kala bosan atau mengantuk. Sayangnya permen karet tak boleh ditelan, karenanya sering kali menimbulkan masalah. Namun masalah itu kini bisa sedikit terselesaikan.

Sepatu Kets Gumshoe Bantu Kurangi Sampah Permen Karet
Sumber gambar: designboom.com

Seperti dikutip dari kompas.com (25/4), mulanya Gumdrop menemukan fakta bahwa permen karet terbuat dari karet sintesis. Dengan begitu, artinya permen karet dapat menciptakan jenis karet baru. Proses pengolahannya, adalah dengan mengolah senyawa Gum-Tec yang berisi 20 persen permen karet agar berbentuk biji dan kemudian baru dibentuk menjadi sol sepatu.

Pihaknya juga menemukan bahwa senyawa Gum-Tec tersebut memiliki kekuatan, kelenturan, dan bau yang mirip dengan karet lainnya. Sehingga hasilnya nanti akan terlihat sangat mirip dengan bahan karet sintetis lainnya. Benar saja, saat melihat hasilnya sepatu ini tak ada bedanya dengan sepatu pada umumnya.

Hanya dengan mengumpulkan sampah permen karet, Gumdrop bisa mengolah keuntungan dari sana. Dan untuk setiap 1 kilogram permen karet yang terkumpul, kabarnya Gumdrop bisa membuat empat pasang sol sepatu. Sungguh ide yang cemerlang.

Dengan begitu, kita tak terus menerus bergantung pada getah pohon karet atau pun karet sintetis. Justru sebaliknya ada permasalahan lain yang berhasil diselesaikan dalam setiap pembuatan sepatu kets ini. Sampah permen karet yang mengganggu kebersihan dan kenyamanan lingkungan akan terberdayakan melalui proses daur ulang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Tumbangnya Wakil Indonesia di Wuhan

Tumbangnya Wakil Indonesia di Wuhan

Mengulas Kekuatan 2 Negara Peserta Piala Dunia

Mengulas Kekuatan 2 Negara Peserta Piala Dunia