Tindakan Bijak yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Seminar Proposal Harus Ditunda oleh Dosen
Sumber gambar: setyamerchy.blogspot.co.id/2016/05/11-situs-template-powerpoint-agar.html
in

Tindakan Bijak yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Seminar Proposal Harus Ditunda oleh Dosen

UGET UGETSeminar proposal adalah agenda wajib yang dilakukan oleh mahasiswa ketika semester tua itu datang. Seminar proposal ini biasanya dilaksanakan saat semester enam, dan diharapkan saat semester tujuh bisa segera melanjutkan proposal tersebut dalam bentuk skripsi.

Ada mahasiswa yang ingin segera untuk mempresentasikan proposalnya, ada pula yang masih kepengen nanti-nanti saja.

Seminar proposal ini pastinya membuat hati para mahasiswa berdegup kencang karena harus mempresentasikan proposalnya di depan dosen dan teman-teman. Dan yang paling bikin deg-degan adalah kita presentasi seorang diri.

Berbeda dengan presentasi tugas kelompok yang biasanya dengan teman satu tim, pada seminar proposal kita harus presentasi seorang diri.

Untuk itu diperlukan pemahaman materi yang lebih dan persiapan yang luar biasa. Seperti persiapan fisik, tubuhmu harus tetap fit hingga hari presentasi itu datang. Kan pastinya nggak nyaman kalau presentasi dengan kondisi tubuh yang kurang fit.

Selain itu kamu harus belajar dan mempersiapkan materi jauh-jauh hari. Kamu harus memahami betul apa materi yang akan kamu sampaikan.

Ketika hari presentasi itu datang kamu harus tetap tenang, usahakan jangan grogi. Sebelumnya kamu juga dapat latihan presentasi di depan cermin agar kamu lebih percaya diri ketika presentasi nanti.

Namun jika presentasi seminar ditunda oleh dosen bagaimana? Hal ini juga baru saja saya alami. Ada rasa senang karena hati ini rasanya tidak deg-degan lagi, namun ada rasa kurang senang juga karena semuanya sudah dipersiapkan dengan matang dan selain itu ingin presentasi secepatnya agar semua cepat kelar.

Meskipun dosen menunda presentasi menjadi minggu depan, saya pun berusaha untuk melakukan tindakan-tindakan yang bijak.

Apa kamu juga mengalami hal yang sama? Yuk sikapi hal tersebut dengan tindakan yang bijak ya. Bagaimana caranya?

Pertama, kamu wajib istirahat.

Kamu wajib mengistirahatkan hatimu yang terus deg-degan itu. Fisikmu pun perlu kamu pikirkan. Tidurlah sejenak dan makan yang banyak. Pasti kemarin-kemarin ketika mengerjakan proposal tersebut penuh perjuangan sampai lupa makan kan?

Sekarang saatnya manjakan fisik dan pikiranmu ya gaes.

Kedua, adalah liburan.

Setelah kamu memanjakan fisik dan pikiran di rumah, sekarang saatnya kamu liburan.

Liburan di tempat yang dekat-dekat juga ampuh mengobati rasa lelahmu kok. Mainlah ke pantai atau taman. Pasti perasaan hati lebih senang karena melihat pemandangan yang indah seperti itu. Tapi jangan kebablasan liburan ya gaes. Liburan sehari penuh juga sudah cukup kok.

Ketiga, baca materi lagi.

Ketika mendekati hari-hari presentasi lagi, kamu wajib membaca dan mempelajari materi lagi. Meskipun minggu lalu kamu sudah merasa siap, namun kalau tidak membaca  materi lagi, presentasimu tidak berjalan mulus.

Jadi setelah kamu selesai memanjakan fisik dan pikiran, jangan lupa untuk fokus kembali ke proposal ya.

Keempat, perbaiki power point.

Biasanya kalau presentasi kan menggunakan power point. Setelah kamu baca-baca materi, kamu juga boleh lho memperbaiki power pointmu.

Agar lebih menarik dan dapat dengan mudah dibaca oleh teman-teman, kini saatnya kamu memperbaiki slide presentasimu sebelum kamu tampil.

Kelima, saling sharing dengan teman atau orang terdekat.

Ceritakan makalahmu dengan orang terdekatmu. Ini penting lho untuk membangun rasa percaya diri mengenai penelitianmu. Jadi ketika waktunya presentasi lagi kamu tidak gugup atau pun takut.

Sudah siap untuk presentasi proposal, gaes?

Sumber gambar: setyamerchy.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Catatan Harian Mengapa Sebaiknya Kita Menulisnya Ini Alasannya

Catatan Harian: Mengapa Sebaiknya Kita Menulisnya? Ini Alasannya

7 Hal yang Harus Dihindari Dalam Fotografi uget uget

7 Hal yang Harus Dihindari Dalam Fotografi