Sumber gambar: iii.org
in

Sekilas Tentang Tornado, Si Angin Ganas

UGETUGETTeman-teman pernah mendengar tentang tornado. Angin yang wujudnya mirip kerucut terbalik ini mampu menghancurkan apa pun yang dilewatinya. Kerusakan yang ditimbulkan biasanya sangat parah. Bagaimana sih angin ini bisa terbentuk?

Secara sederhana, tornado terbentuk ketika udara hangat dan lembab bertemu. Hal ini menyebabkan terbentuknya putaran angin secara horisontal. Putaran ini kemudian bergerak vertikal sehingga membentuk badai.

Tornado sebetulnya tak punya warna seperti yang kita lihat. Namun, debu, air, dan puing benda-benda yang terbawa dalam pusaran membuat seakan-akan tornado punya warna dan bentuk.

Tornado pun bervariasi, ada yang bergerak cepat, lambat, terjadi dalam waktu singkat, atau terjadi dalam waktu yang lama.

Di negara-negara maju, tornado bisa dipantau oleh satelit cuaca. Mereka bisa mengetahui di mana tornado sedang terjadi serta arah pergerakannya. Sehingga, peringatan dini terhadap warga kota yang dilewati tornado bisa dilakukan secepat mungkin supaya warga dapat menyelamatkan diri.

angin tornado kencang
Sumber gambar: en.wikipedia.org

Di samping itu regu penolong dan tim medis bisa disiapkan dengan lebih baik.  Jadi, dengan demikian mampu meminimalkan korban jiwa dari serangan tornado yang teramat dahsyat.

Karena serangan tornado bisa mengangkat rumah, merobohkan pohon, menghancurkan bangunan besar, dan membawa kendaraan sejauh ratusan meter. Ternyata sungguh mengerikan sekali.

Warga kota yang sering dilanda tornado biasanya telah membuat perlindungan khusus untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu tornado datang. Misalnya saja dengan membuat perlindungan di bawah tanah yang berupa bunker yang bisa menyimpan setidaknya sepuluh ribu nyawa manusia.

Bagaimana, teman-teman dengan angin tornado ini? Apakah yang ada di benak kalian jika tornado benar-benar melanda daerah tempat tinggal pada saat ini juga?

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kasih Sayang Seekor Induk Hewan Pada Anaknya

Kasih Sayang Seekor Induk Hewan Pada Anaknya

Mencermati Sebentar Tentang Virus, Bukan Virus Cinta Loh