Kompetisi Menjadi Sebab Utama Orang Suka Gosip
Sumber gambar: www.thelittlechimpsociety.com
in

Kompetisi Menjadi Sebab Utama Orang Suka Gosip

UGET UGET – Gosip, digosok makin sip. Gosip biasanya santer terdengar di kalangan wanita. Gosip ini bisa sifatnya fakta maupun hoax, sehingga kebenarannya terkadang belum bisa dipertanggungjawabkan. Desas-desus ini persebarannya bisa sangat cepat dari mulut ke mulut. Nah tahukah kamu alasan orang suka bergosip? Lalu apa saja topik yang sering digosipkan?

Gosip selalu menarik bagi sebagian besar wanita. Sebab kita akan dengan mudah dikatakan kurang update (kudet) apabila ketinggalan informasi penting. Bahkan dengan terus mengikuti perkembangan gosip membuat seseorang terkesan memiliki pergaulan yang luas serta pandai menempatkan diri. Ada sensasi menyenangkan ketika kita mendapat informasi. Maka, dapat dikatakan semua orang suka gosip.

Penelitian Adam Davis dari University of Ottawa Canada menguak fakta mengenai alasan kenapa orang suka bergosip. Alasan utamanya yaitu adanya kompetisi di lingkungan pertemanannya. Sedangkan secara khusus, topik yang sering digosipkan cewek yaitu kejelekan cewek lainnya.

Perasaan iri sering kali menjadi pemicu orang memandang sebuah hubungan pertemanan sebagai kompetisi. Tidak dapat dipungkiri, kita pun sering membandingkan diri kita sendiri dengan orang lain. Ketika melihat orang lain jauh lebih hebat, sering kali kita menjadikannya sebagai lawan.

Persaingan ini macam-macam sebabnya, entah dia terlalu cantik, atau gaya penampilannya yang serba branded, atau gaya bicaranya yang terlalu nyablak, otaknya yang terlalu encer, atau mungkin dia mudah dekat dengan pria idamanmu, dan sebagainya.

Saat itulah kompetisi tercipta. Sehingga kita memutuskan untuk menjatuhkan lawan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Nah gosip ini menjadi cara mudah yang sifatnya sangatlah masif. Apalagi biasanya gosip mengundang ketertarikan tersendiri untuk mengikuti perkembangan selanjutnya.

Topik yang hits biasanya terkait kejelekan orang lain. Mereka akan mengumbar keburukan cewek lain yang kita kurang suka. Gosip ini bisa berupa fakta atau hoax. Ketika orang yang tidak kita sukai berbuat kesalahan sedikit saja, kita sudah menceritakannya kepada siapa pun.

Atau bisa jadi kita menceritakan sebuah kebohongan tentang lawan kita. Wah kalau ini sih sudah keterlaluan ya. Apa yang kita tahu sengaja dilebih-lebihkan untuk memuaskan perasaan jengkelmu terhadapnya. Di kalangan selebriti, gosip sangat masif dimunculkan. Entah hanya untuk mencari sensasi, mendapat peehatian publik, dan sebagainya.

Bahkan berita di kalangan artis sangat laris manis belakangan ini. Terutama dengan kemunculan akun-akun seperti lambe turah, lamis corner, dan akun gosip lainnya. Dampaknya besar bagi selebriti yang bersangkutan. Apabila gosipnya berupa kejelekan, ini bisa berujung pada munculnya berbagai komentar, hujatan, bullying, hingga tindakan fisik.

Motif bergosip ini bisa bermacam-macam, tetapi intinya supaya orang lain sama tidak sukanya dengan kita. Sehingga orang lain juga akan terpengaruh juga untuk menjauhi atau membenci orang tersebut.

Fakta ini sekaligus menjadi hal yang miris. Bagaimana pun sebaiknya kita tanamkan kedamaian dengan siapa pun, bukan malah menebar kebencian. Kalau pun ingin bergosip, akan lebih baik bicarakan prestasi dan sebarkan motivasi.

Setiap orang itu unik sehingga wajar jika berbeda. Kapasitas yang dimiliki masing-masing kita juga berbeda. Sehingga kompetisi ini sebaiknya dilakukan dengan cara yang positif, bukan dengan menjatuhkan. Damai itu indah kok guys.

Sumber gambar: www.thelittlechimpsociety.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kemajuan dalam Hidup Kemana Anda Melangkahkan Kaki Hari Ini

Kemajuan dalam Hidup: Kemana Anda Melangkahkan Kaki Hari Ini?

Permen Mint Picu Bau Mulut Semakin Parah

Permen Mint Picu Bau Mulut Semakin Parah