Sapaan Saudara Beda Daerah, Beda Sebutannya
Sumber gambar: ceritakeluarga.com
in

Sapaan Saudara Beda Daerah, Beda Sebutannya

UGETUGET | Paman, bibi, kakek, nenek, ayah, ibu, kakak, adik. Itulah sebagian sapaan yang ada di keluarga. Tapi lain daerah, beda sebutannya.

Teh yang bukan minuman

Karikatur Teteh
Sumber gambar: steemit.com

Tentu saja, yang dimaksud adalah teteh. Supaya cepat, biasa diucapkan dengan teh.  Yang mengatakannya biasanya orang Sunda. Ya, teteh artinya kakak perempuan.

Jadi, Teh Ani artinya apa?

Di samping itu, teh juga bisa berarti kan dalam bahasa Jakarta. Kalau di Jakarta biasa terdengar omongan, Itu tadi kan cuma film. Jangan takut!’

Nah, orang Sunda akan mengatakan, “Itu tadi teh cuma film. Jangan takut!’

Tulang yang bukan organ tubuh

Struktur Tulang
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Buat orang Indonesia pada umumnya , tulang adalah organ tubuh. Tetapi untuk teman-teman suku Batak, tulang artinya paman. Hati-hati, lo! Kalau ada teman memanggil “Tulang Ucok”, siapa tahu maksudnya adalah Paman Ucok!

Pakdhe yang bukan pade

Buat orang Jawa, istilah pakdhe tentu tidak asing lagi. Pakdhe itu singkatan dari bapak gedhe atau bapak besar. Sebutan keluarga yang khas itu untuk kakak laki-laki orang tua kita.

Ternyata, Suku Sangir pun mengenal sebutan pade. Walaupun, dibacanya sama dengan pakde, namun artinya malah kebalikan. Pade di Sangir singkatan dari papa ade atau papa adik. Maksudnya adalah tentulah adik laki-laki dari orang tau kita.

Ayu yang bukan nama orang

Bagaimana teman-teman di Palembang memanggil kakak perempuan? Sebuat saja ayu! Ayu tara, Ayu Ratih, Ayu Sinta! Wah, ada banyak Ayu di Palembang.

Kalau di tempat lain seperti Jawa dan Bali, ayu artinya cantik. Itu karenanya banyak orang tua menamai anak perempuannya dengan AyuJika si Ayu keturunan Palembang, bisa-bisa dia dipanggil Ayu Ayu!.

Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, kakak perempuan dipanggil mbakyu! Benar! Itu singkatan dari mbak ayu atau kakak yang cantik. Ada yang menyingkat dengan Yu dan ada yang menyingkat dengan mbak.

Di Bali, lain lagi. Kakak perempuuan dipanggil dengan mbok, tetapi huruf b diucapkan tipis aja, nyaris tak terdengar. Padahal di Jawa, mbok adalah kependekan dari simbok yang berarti ibu.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Menengok Kepemimpinan Era Kesukuan

Menengok Kepemimpinan Era Kesukuan

Tentang Buah Mengkudu, Khasiat Dan Manfaatnya