Update

Ruang Terbuka Hijau Terbukti Dapat Meningkatkan Mood

UGET UGET – Apa yang kamu lakukan kala penat? Apakah bermain di pusat perbelanjaan atau memilih menyatu dengan alam? Mungkin kamu akan menilai bermain di pusat perbelanjaan dengan banyak wahana dan barang-barang yang lucu, dapat membuat hatimu senang. Namun, tahukah kamu ternyata melihat pemandangan alam atau berada di ruang terbuka hijau jauh lebih ampuh menaikkan mood lho.

Ini dibuktikan dalam studi yang dilakukan mahasiswa doktoral University of British Columbia, Holli-Anne Passmore bahwa dengan melihat pohon dan bunga di jalanan, mood seseorang akan menjadi lebih baik. Penelitian ini melibatkan 359 partisipan. Mereka diminta untuk memotret pemandangan alam dan lingkungan di sekitar. Setelah itu, mereka diminta untuk menjelaskan bagaimana perasaan mereka setelah melihat pemandangan itu.

Dilansir detik.com, hasilnya hampir seluruh partisipan yang memotret pemandangan alam, baik itu berupa pohon, bunga, atau taman, mengaku memiliki mood yang lebih baik. Hasil tersebut ternyata tidak terlihat pada partisipan yang memotret benda-benda buatan manusia seperti gedung, trotoar, atau halte bus.

“Penelitian ini sekaligus membuktikan bahwa untuk bahagia, kita tidak perlu naik gunung. Dengan melihat bunga di suatu halte atau di atas trotoar saja sudah mampu memberikan efek positif bagi kondisi mental seseorang,” begitu penjelasan Passmore. Jadi bahagia itu sesederhana itu guys. Sesuatu yang sudah disediakan alam itu memang obat terampuh bagi hati dan pikiran yang sedang penat.

Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa bahagia. Bahkan kamu bisa menciptakan bahagiamu sendiri dengan membuat taman kecil di pekarangan rumahmu. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Positive Psychology ini juga menyebutkan bahwa orang-orang yang tinggal dekat taman atau memiliki banyak ruang terbuka hijau secara umum lebih bahagia.

Untuk memperdalam hasil penelitian ini, rencananya Passmore akan melanjutkan penelitian ini untuk melihat seberapa bahagia seseorang ketika melihat pemandangan alam. Sebab setiap orang punya ukuran dan kadar bahagianya sendiri-sendiri. Minat juga mungkin akan memengaruhi cara orang dalam menemukan kebahagiaannya.

Namun setidaknya, penelitian ini telah menunjukkan manfaat dari ruang terbuka hijau bagi kesehatan jiwa. Intinya orang harus mau untuk pergi keluar rumah. Sebab nantinya akan berpengaruh juga untuk memperlancar oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

Sayangnya, di Indonesia ruang terbuka hijau semakin minim. Orang lebih memilih membangun pusat perbelanjaan, gedung-gedung pencakar langit, jalan beraspal, dan sebagainya. Sesuatu yang mewah dianggap sebagai tolok ukur kebahagiaan di era modern ini. Padahal, orang bisa bahagia hanya dengan bersahabat dengan alam.

Kalau di Indonesia sendiri, Bandung dan Malang menjadi kota yang cukup menaruh perhatian terhadap ruang terbuka hijau. Selain dapat menciptakan ruang publik yang nyaman untuk bercengkerama bersama, meningkatkan budaya berkumpul, pun ruang terbuka hijau juga indah dipandang. Maka, sebaiknya kota-kota lain di Indonesia juga ikut menggiatkan lingkungan yang hijau.

Sumber gambar: mediacenter.malangkota.go.id

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi