Robot Bermesin Cerdas, Inilah Era Artificial Intelligence
Sumber gambar: kisi.deu.edu.tr
in

Robot Bermesin Cerdas, Inilah Era Artificial Intelligence

UGETUGETCoba jawab dulu, kamu mau nggak diperintah bekerja ini itu seharian? Tentu saja, capek, ya. Badan kita akan merasa pegal-pegal, lapar, dan dahaga.

Kita juga pasti jenuh diperintah mengerjakan hal yang sama dan itu-itu saja. Manusia tak dapat bekerja seharian tanpa berhenti.

Manusia perlu istirahat, makan, dan minum supaya kuat lagi. Selain itu manusia juga dapat merasa jenuh dan bosan.

Jikalau manusia bisa bekerja tanpa mandek. Dan andaikata manusia tak bosan diperintah mengerjakan hal yang sama. Kira-kira bisa nggak, ya?

Robot Manusia

ASIMO (2000) pada Expo 2005 adalah robot humanoid bipedal
Sumber gambar: wikipedia.org | ASIMO (2000) pada Expo 2005 adalah robot humanoid bipedal.

Rupanya khayalan seperti itu pernah terlintas di kepala ilmuwan pada zaman dulu. Nah, mereka pun berusaha menjadikan sebuah makhluk yang bisa diperintah, tak mengeluh, tak marah, dan tak perlu diberi makan. Makhluk itu disebut robot atau robota.

Aslinya kata robot ini berasal dari bahasa Czechnya. Czechnya merupakan sebuah negara dekat Rusia. Dalam bahasa Czechnya robota artinya makhluk yang dipaksa bekerja. Tapi, rupanya membuat robot tak mudah. Orang harus pintar matematika, kreatif, dan suka mengotak-atik mesin.

Si Mesin Cerdas

Orang yang pertama kali menjadikan robot adalah Ctesibius pada tahun 250 Sebelum Masehi. Beliau adalah seorang ahli fisika dari Yunani. Robotnya sederhana sekali. Robot itu berupa jam. Tik… tak… jarum jam melompat satu angka setiap mendapat guyuran air terjun kecil.

Robot jam adalah robot yang hebat pada saat itu. Tapi, kini robot jam tidak bisa lagi disebut robot. Kini orang menganggapnya robot jam hanya sebuah mesin biasa.

Jam air Ctesibius
Sumber gambar: wikipedia.org | Jam air Ctesibius, sebagaimana divisualisasikan oleh arsitek Prancis pada abad ke-17, Claude Perrault.

Memangnya apa perbedaan robot mesin cerdas dari mesin biasa?

Robot adalah sebuah mesin yang bisa melakukan pekerjaan seperti manusia atau binatang. Bahkan robot bisa bertindak tanpa diperintah. Karena dalam robot ini terdapat sistem artificial intelligence.

Contohnya, robot mainan. Ketika robot berjalan lurus, dia menabrak tembok. Komputer akan memberi perintah, jangan berjalan lurus lagi, tapi belok ke kiri. Maka robot pun belok ke kiri.

Sementara itu, mesin biasa masih memerlukan bantuan manusia agar bisa bekerja. Contohnya, mesin penyedot debu. Mesin ini bisa membersihkan debu apabila manusia memencet tombolnya dan menggerakkan penyedotnya.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Perhatikan Perkembangan Bahasa Buah Hati Anda!

Perhatikan Perkembangan Bahasa Buah Hati Anda!

Pencemaran Mengancam Keberadaan Taman Laut, Yuk Peduli

Pencemaran Mengancam Keberadaan Taman Laut, Yuk Peduli