Review Guna Manusia: Lirik Ngeri Dari Barasuara
Sumber gambar: supermusic.id
in

Review Guna Manusia: Lirik Ngeri Dari Barasuara

UGETUGET | Guna Manusia dirilis Barasuara dengan Darlin’ Records pada tanggal 21 September 2018. Single ini diproyeksikan akan masuk ke dalam album kedua mereka. Setelah keberhasilan album Taifun di tahun 2015.

Album Taifun otomatis akan menjadi patokan pendengar setia mereka. Kemudian seberapa jauh eksplorasi Barasuara selama tiga tahun. Lantas bagaimana dengan kehadiran Guna Manusia?

Sebelum lebih jauh, saya mengenal Barasuara dari salah satu teman. Awal mendengar karyanya, saya merasa agak aneh secara keseluruhan, terutama di wilayah lirik.

Kemudian salah satu teman mengajak nonton live. Akhirnya masuk ke dalam euforia para penonton dan aksi panggung Barasuara, saya melupakan keganjilan tersebut dan larut ke dalam sebuah sirkus malam itu. Demikian gambaran perkenalan kami.

cover single guna manusia
Sumber gambar: velvetmedia.id | Cover single Guna Manusia.

Setelah sibuk dari panggung ke panggung, akhirnya band yang dikomandoi Iga Massardi ini muncul dengan sebuah single berjudul, Guna Manusia.

Hampir sama seperti kebanyakan lagu sebelumnya, judul lagu tersusun dari dua kata dengan permainan rima. Seperti halnya Bahas Bahasa, Api dan Lentera, Nyala Suara, Sendu Melagu. Namun dalam single terbarunya, di wilayah musik mulai menunjukkan hasil eksplorasinya.

barasuara guna manusia
Sumber gambar: hangoutindo.com

Sang pencipta lirik, Iga dan Gerald Situmorang, ingin mencurahkan isi pemikiran dan ideologinya lewat lagu ini. Seperti yang dikatakan Iga, bahwa banyak hal yang penting di sekitar kita.

Kemudian apa yang kita lakukan hampir seperti simalakama, terkadang tidak benar. Apa guna kita sebagai manusia?

Dari pernyataan tersebut, kita akan dibawa ke pemahaman serupa. Dari awal memang kalimat demi kalimat disusun dengan sangat menakutkan dan mendalam.

Nak, dipermukaan yang tenggelam, kita melanjutkan kehidupan, dibuka dengan sudut pandang sebagai orang tua yang menjelaskan kondisi saat ini.

Barasuara mencoba memberi ruang perenungan bagi kita. Kembali menanyakan tentang fungsi manusia dalam kehidupan. Akankah hanya untuk manusia itu sendiri? Atau ada fungsi lain yang amat penting. Lalu apa itu?

Berikut lirik Guna Manusia.

Nak, di permukaan yang tenggelam,
kita melanjutkan kehidupan.

Mengarungi arah pusaran,
menangisi sisa lautan,
memanaskan daratan.

Mencari guna manusia
tiap langkah rusak semua,
mencari celah adaptasi.

Hitung mundur gerus tepian,
hingga hunian tinggal lautan.

Memanaskan dunia,
mencair di utara,
kita di ujung masa.

Kita mencari celah,
untuk bertahan mencari ruang. 

Kita mencari celah adaptasi.
Mencari guna manusia.
Tiap langkah rusak semua.
Mencari celah adaptasi

Written by Budi

Sehat selalu.

Alasan Buah-Buahan Bikin Sehat

Alasan Buah-Buahan Bikin Sehat

Bahaya Dehidrasi Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Dehidrasi Bagi Kesehatan Tubuh