Restless Leg Syndrome, Kondisi Menggerakan Kaki Sebelum Tidur
Sumber gambar: hellosehat.com
in

Restless Leg Syndrome, Kondisi Menggerakan Kaki Sebelum Tidur

UGETUGETTidur adalah cara ampuh untuk melepas lelah setelah capeknya beraktivitas seharian. Tidur yang nyaman tanpa ada gangguan apapun sangat diinginkan setiap orang. Tentunya semua orang ingin merasakan nyenyaknya tidur dan ingin segera masuk ke dalam dunia mimpi yang indah. Tapi bagaimana jika seseorang mengalami restless leg syndrome? Apakah kondisi tersebut nyaman untuk melanjutkan tidur?

Restless leg syndrome mungkin masih sangat asing di telinga masyarakat. Sebenarnya sindrom ini kondisi yang bagaimana? Apakah membahayakan? Apakah kamu juga mengalami sindrom ini?

Restless leg syndrome merupakan kondisi neurologis yang menyebabkan seseorang ingin menggerakkan kaki. Keinginan tersebut disebabkan karena rasa tidak nyaman pada kaki. Setelah melakukan menggerak-gerakkan kaki ini biasanya akan memberikan rasa lebih nyaman.

Restless leg syndrome (RLS) biasanya terjadi pada malam hari ketika seseorang mau tidur. Mungkin bagi seseorang yang memiliki sindrom ini akan sering menggerakkan kakinya sebelum tidur dan tiba-tiba berhenti sendiri tanpa disadari.

Apakah kamu juga mengalami hal ini? Kalau iya, berarti kita sama. Ya, saya juga mengalami sindrom ini. Dari kecil hingga besar sekarang kebiasaan menggerakan kaki sebelum tidur itu sulit untuk ditinggalkan. Rasanya tiba-tiba saja kaki gerak-gerak sendiri dan memberikan rasa nyaman, sehingga juga bisa cepat tidur.

Restless Leg Syndrome, Kondisi Menggerakan Kaki Sebelum Tidur
Sumber gambar: hellosehat.com

Kamu tak perlu risau jika memiliki sindrom ini. Kamu tidak sendirian kok. Sindrom ini dapat terjadi pada siapa pun, namun biasanya terjadi pada wanita dan orang tua.

Lantas, bagaimana gejala dari sindrom ini? Gejala dari sindrom ini adalah berupa rasa gatal atau kesemutan pada kaki, sehingga menyebabkan sulit tidur. Dengan menggerakan kaki, gejala ini akan menghilang untuk sementara.

Penyebab dari sindrom ini kemungkinan akibat dari ketidakseimbangan zat kimia pada otak, yaitu dopamine yang berfungsi untuk mengontrol pergerakan otot. Selain itu faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab dari sindrom ini.

Untuk mengatasi sindrom ini, sebenarnya kamu bisa melakukan pengobatan di rumah. Yang perlu kamu lakukan adalah melatih kebiasaan tidur dengan tidur di waktu yang sama setiap malamnya. Selanjutnya olahraga teratur serta melakukan teknik relaksasi, seperti meditasi dan yoga. Cara lainnya untuk meredakan rasa tidak nyaman pada kaki, kamu bisa berjalan, memijat kaki, atau memakai cold atau hot pack.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Pesan Tersembunyi yang Perlu Kamu Ketahui di Video Klip This Is America

Pesan Tersembunyi yang Perlu Kamu Ketahui di Video Klip This Is America

Heboh Foto Kecupan Mesra Iqbaal Ramadhan dengan Cewek Bule, Fans Kecewa Berat

Heboh Foto Kecupan Mesra Iqbaal Ramadhan dengan Cewek Bule, Fans Kecewa Berat