Orang yang Merasa Sendiri dan Tak Tahu Meminta Bantuan Pada Siapa Rentan Bunuh Diri
Sumber gambar: kesehatan27.rssing.com
in

Orang yang Merasa Sendiri dan Tak Tahu Meminta Bantuan Pada Siapa Rentan Bunuh Diri

UGET UGET – Bunuh diri adalah tindakan mengakhiri hidup yang dilakukan oleh diri sendiri. Bunuh diri bisa dilakukan dengan berbagai cara yang membahayakan diri sendiri. Bunuh diri bisa dilakukan oleh siapa pun yang berkemungkinan besar melakukannya. Salah satunya merasa sendirian, tanpa ada orang yang bisa dimintai bantuan.

Orang yang sendirian berpotensi besar mengalami keputusasaan. Tentu menyedihkan harus menghadapi segalanya seorang diri. Padahal manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain. Dalam setiap kegiatannya, pasti ada campur tangan orang lain.

Orang yang seperti ini biasanya awalnya tak ada niatan sama sekali untuk bunuh diri. Orang ini berusaha sebisa mungkin menjalani hidupnya sendirian. Tetapi semakin lama, kesendirian ini merenggut kebahagiaannya. Sehingga hari-harinya membuatnya semakin frustasi.

Kesepian ini bisa karena sifat menutup diri, atau memang karena dijauhi dan dikucilkan masyarakat. Banyak sekali faktornya. Biasanya orang yang menderita penyakit mengerikan rentan diisolasi seperti ini. Orang yang pernah melakukan kesalahan dan membuat aib pun biasanya berisiko mendapat sanksi sosial. Sanksi sosial ini meskipum terlihat sepele, tetapi sejujurnya inah hukuman yang paling mengerikan.

Saking merasa tak dianggap, orang ini pun merasa tak terhitung kehadirannya. Akhirnya, terbesit keinginan untuk bunuh diri. Biasanya orang melakukan ini untuk menyadarkan orang lain yang telah meniadakan atau melukainya. Agar supaya orang lain menyesal telah berbuat demikian.

Selain merasa tersakiti, orang juga rentan bunuh diri karena merasa sendirian dan tak tahu harus meminta bantuan pada siapa. Orang seperti ini biasanya bersikap individualis, terbiasa melakukan segalanya sendiri. Namun giliran dia membutuhkan orang lain, dia begitu canggung, malu, rendah diri, takut, dan gengsi untuk meminta bantuan.

Rasa takut inilah yang memicunya berpikiran negatif. Mulailah berkecamuk dalam pikirannya, sepertinya mereka tidak menyukaiku, aku tidak pantas hidup lagi, apa mereka sudi berbaik hati padaku, dan sebagainya. Karena rasa takutnya, orang ini merasa lebih baik mengakhiri hidupnya.

Bunuh diri menjadi jalan yang dipilihnya untuk memberitahukan orang banyak bahwa dia membutuhkan bantuan. Cara ini memang konyol, bodoh, dan tidak masuk akal bagi kita yang masih memiliki keinginan untuk hidup. Namun, bagi mereka yang sudah putus asa, bunuh diri adalah jalan yang terbaik.

Belajar dari itu, maka kita perlu menanamkan pengharapan hidup. Harapan hidup ini bisa diperkuat dengan berada pada lingkungan yang positif, dikelilingi orang yang menyayangi kita, memiliki prestasi, memperbanyak hiburan, dan lain sebagainya. Intinya jangan mempersulit diri dengan tidak mau meminta bantuan pada orang lain. Maka dari itu, sebaliknya kita juga harus mau untuk menolong orang lain.

Sumber gambar: kesehatan27.rssing.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Bunga Mawar Kuning Lambang Cinta Persahabatan

Bunga Mawar Kuning Lambang Cinta Persahabatan

Happiness Counter, Kulkas Ini Hanya Bisa Dibuka dengan Senyuman

Happiness Counter, Kulkas Ini Hanya Bisa Dibuka dengan Senyuman