Ayam Tak Berbulu Rekayasa Genetika Bulu Ayam Untuk Pertahankan Kelangsungan Hidupnya Pada Daerah dengan Cuaca Ekstrem
Sumber gambar: pomnassulsel.unhas.ac.id
in

Ayam Tak Berbulu: Rekayasa Genetika Bulu Ayam Untuk Pertahankan Kelangsungan Hidupnya Pada Daerah dengan Cuaca Ekstrem

UGET UGET – Ayam pada umumnya memiliki bulu yang menutupi seluruh kulitnya. Bulu ayam juga berfungsi membuat dirinya tetap aman dari gesekan benda tajam. Suhu tubuh ayam pun dapat terjaga dengan baik. Namun apa jadinya jika ayam tidak memiliki bulu?

Ayam tak berbulu benar ada. Seorang ilmuwan dari Hebrew University of Jerusalem berhasil menciptakan ayam tanpa bulu pertama di dunia. Seorang ilmuwan bernama Avigdor Cahaner berhasil melakukan rekayasa genetika membuat ayam tanpa bulu. Menurutnya ayam jenis ini dapat mengurangi biaya produksi pemasok daging ayam.

Bagaimana tidak, untuk memelihara ayam di negara dengan cuaca panas ekstrem memang membutuhkan modal yang tak sedikit. Peternak ayam perlu membeli mesin pendingin agar ayam-ayamnya tetap bertahan hidup. Namun ayam hasil rekayasa genetik ini mampu bertahan hidup dalam cuaca panas sehingga tak perlu khawatir lagi ayam mati karena dehidrasi.

Ayam-ayam hasil rekayasa genetika itu berwarna pink. Kabarnya, warna itu timbul sebagai cara ayam tidak berbulu ini untuk melindungi bagian dagingnya. Ayam ini dapat bertahan hidup tanpa merasa gerah lagi di tempat panas.

Selain itu, ayam pink ini memunyai beberapa manfaat loh. Daging ayam ini lebih rendah kalori sehingga sehat untuk dikonsumsi. Cocok nih untuk kalian yang sedang diet karbo. Ayam ini juga lebih cepat tumbuh dewasa sehingga bisa sering panen. Jelas menguntungkan petani sih kalau begini.

Sayangnya, ayam ini susah bereproduksi. Penting untuk ayam jantan memiliki sayap. Sebab dilansir brainly.co.id, sayap pada ayam jantan berfungsi sebagai perhiasan untuk memikat lawan jenis (secundary sex feather). Biasanya ayam yang ingin kawin akan mengepakkan sayapnya, menempel-nempelkan tubuhnya pada sang betina dengan keseimbangan tubuh yang mulai berkurang. Nah kalau bulunya tidak ada, ayam betina jadi sulit menangkap kode nih.

Dilansir Brilio, Avigdor juga meyakini ayam tanpa bulu akan mengurangi biaya produksi peternak daging ayam. Ayam ini akan menghemat banyak biaya listrik karena peternak tak perlu lagi memakai mesin pendingin. Selain itu ayam ini juga lebih efisien, siap dikonsumsi tanpa harus mencabuti bulunya.

Kalau ditilik lebih dalam, bulu ayam yang termasuk dalam anatomi tubuh penting bagi si ayam itu sendiri. Dilansir Brainly.co.id, fungsi bulu ayam lainnya selain memikat lawan jenis, yaitu:

1. Sebagai isolator
2. Melindungi tubuh dari luka dan infeksi karena gesekan langsung dengan benda keras
3. Sebagai sarana untuk terbang
4. Sebagai reseptor dari luar
5. Dapat digunakan untuk mendeteksi kondisi kesehatan dan menduga kemampuan bertelur.

Menurut saya, rekayasa genetika maklum untuk dilakukan pada daerah dengan cuaca ekstrem. Sebab tujuannya baik, yakni untuk mempertahankan kelangsungan hidup si ayam. Namun, saya kok kasihan melihat si ayam akan kehilangan keenam fungsi dari bulunya tersebut, hehe.

Selain kehilangan beberapa fungsi untuk si ayam sendiri, kalau dipikir-pikir manusia juga akan mengalami kerugian loh. Padahal manusia juga banyak memanfaatkan bulu ayam, mulai dari kok bulu tangkis, untuk kemoceng, untuk membersihkan telinga, aksesoris, rumbai-rumbai baju adat, dan lain-lain.

Ya meskipun bulu ayam bisa digantikan dengan bulu sintetis. Tetapi sebaiknya inovasi rekayasa genetika ini perlu melihat konteks ruangnya terlebih dahulu. Kalau memang esensinya untuk membuat ayam dapat bertahan hidup pada cuaca ekstrem sekaligus baik untuk kesehatan karena rendah kalori, tidak masalah rekayasa genetika dilakukan. Maka dari itu, perlu dipertimbangkan nantinya bagaimana peredaran dan penjualannya pula.

Sumber gambar: pomnassulsel.unhas.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Ternyata, Mengecilkan Perut Bukan Hanya Dengan Sit up, Nih List-nya

Ternyata, Mengecilkan Perut Bukan Hanya Dengan Sit up, Nih List-nya

Jika Memang Ada Cinta Gigio Donnarumma Tidak Akan Pergi Ke Mana-mana

Jika Memang Ada Cinta, Gigio Donnarumma Tidak Akan Pergi Ke Mana-Mana