Rahasia Kecantikan Wanita Jepang adalah Kotoran Bulbul
Sumber gambar: thedailybeast.com
in

Rahasia Kecantikan Wanita Jepang adalah Kotoran Bulbul

UGET UGET – Inovasi kecantikan alami apalagi yang belum dimiliki Jepang? Memang bukan kabar baru bila perawatan wajah dengan kotoran Bulbul mereka telah mencandu ke berbagai negara. Banyak artikel kecantikan memperkirakan bahwa sejak tahun 1600, perempuan Jepang, terutama para geisha, mempercayakan perawatan kulit wajah mereka pada kotoran burung yang berpopulasi di Pulau Kyushu. Sebenarnya, kotoran Bulbul yang mereka sebut Uguisu No Funtersebut, memiliki riwayat keampuhan yang panjang.

Mulanya penggunaan kotoran Bulbul diperkenalkan ke Jepang oleh Korea pada periode Heinan (794-1185). Saat itu kotoran Bulbul digunakan untuk menghilangkan noda pada kain sutra. Pemanfaatannya di bidang kecantikan baru dimulai pada periode Edo (1603-1868). Selain geisha, para aktor kabuki juga menggunakannya untuk menghapus make-up.

Sebagai pekerja seni, mereka memakai make-up super tebal yang mengandung seng dan timah. Tentu saja make-up dengan komposisi berbahaya tersebut mengakibatkan berbagai masalah pada kulit wajah. Selain sebagai pembersih wajah, kotoran Bulbul dimanfaatkan untuk memutihkan kulit serta menghilangkan noda hitam. Para biksu Budha juga memanfaatkannya untuk memoles dan membersihkan kulit kepala mereka.

Habitat asli burung Bulbul di Amerika Utara dan Amerika Barat. Ironisnya, pemilik julukan The Nightingale ini lebih banyak ditemukan di hutan-hutan dan kawasan semak-semak Eropa. Burung yang sering berkicau di malam dan siang hari ini juga bermigrasi hingga ke wilayah Asia. Lantas, mengapa hanya kotoran burung Bulbul di Jepang yang terpercaya ampuh khasiatnya?

Tak seperti kebanyakan burung Bulbul yang tinggal di alam liar. Bulbul yang disiapkan untuk industri kecantikan Jepang dipelihara secara khusus dengan diet kacang-kacangan organik. Kualitas makanan yang masuk ke perutnya yang menentukan khasiat dari kotorannya.

Sebenarnya belum diketahui secara pasti bagaimana kotoran Bulbul bekerja merawat kulit wajah. Dalam kotoran tersebut terkandung unsur urea dan guanin alami dengan konsentrasi tinggi karena sekresi pembuangan fases dan urin Bulbul hanya melalui sebuah saluran bernama koakla. Pada kebanyakan kosmetik, urea berfungsi mengikat kelembaban pada kulit wajah dan guanin menghasilkan shimmer yang membuat kulit menjadi tampak bercahaya. Binatang lain yang memiliki guanin alami terbaik adalah ikan.

Bagaimanapun itu, orang di masa modern lebih terpaku dengan bagaimana kotoran Bulbul membawa perempuan Jepang menjadi nenek dengan kulit cantik di usia senja. Pengakuan Tom Cruise maupun Victoria Beckham sebagai selebritis yang menyukai perawatan dengan kotoran Bulbul hanya akan membawa kemahsyuran terapi tersebut beberapa saat. Lebih dari itu, mari serahkan pada sejarahnya yang memang sangat panjang.

Sumber gambar: thedailybeast.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Lupa Hari Jadi Sering Bikin Cewek Ngomel, Ini Tanda Doi Belum Dewasa

Lupa Hari Jadi Sering Bikin Cewek Ngomel, Ini Tanda Doi Belum Dewasa

Setelah Iqbaal, Vanesha Makin Dekat dengan Adipati, Kamu #TimIqbaal atau #TimAdipati?

Setelah Iqbaal, Vanesha Makin Dekat dengan Adipati, Kamu #TimIqbaal atau #TimAdipati?