Terlalu Banyak Simpan Rahasia Berbahaya Buat Kesehatanmu
Sumber gambar: www.merdeka.com
in

Terlalu Banyak Simpan Rahasia Berbahaya Buat Kesehatanmu

UGET UGET – Setiap orang tentu punya rahasia. Ada kalanya hal yang dianggap aib memalukan, akan berusaha kamu tutupi serapat mungkin. Tentu akan sangat menjatuhkan harga diri jika rahasiamu itu sampai diketahui orang lain. Agar rahasiamu tak sampai bocor, kamu pun berusaha terlalu keras dengan terus menghindar atau berbohong. Sikap seperti itu tidak baik dipelihara terus menerus lho.

Agar tak terlihat mencurigakan akhirnya kamu berusaha konsisten akan perkataanmu sebelumnya. Akhirnya kebohongan itu akan terus membesar, dan memunculkan kebohongan lainnya. Misalnya ketika kamu ada rencana pergi bersama teman. Tak lain karena kamu berusaha all out dalam menyimpan rahasia itu. Entah ini rahasia kecil hingga yang besar sekali pun.

Misalnya saja, suatu hari kamu diundang ke sebuah pesta ulang tahun temanmu di suatu tempat. Dalam undangan, tertulis dresscode-nya mengharuskan siapapun yang datang untuk memakai baju motif polkadot. Namun ternyata beberapa jam sebelum itu, temanmu mengumumkan di grup bahwa dresscode diubah menjadi serba putih.

Sayangnya kamu tak membaca chat grup, dan kamu sudah hampir sampai. Akhirnya daripada pulang, kamu memilih cuek saja. Kemudian saat pulang, melihat ekspresimu yang murung, orang tuamu bertanya padamu.

“Gimana seru nggak tadi?”
“Ah seru kok, Pa.”
“Ada teman-temanmu siapa itu si Fina, Fira, Fufu juga ya?
“Ah iya..”
“Mana mama lihat fotonya dong, penasaran sekarang mereka sudah makin dewasa ya?
“Nggak ada foto, Pa. Masih di kamera temanku semua.”

Padahal kalau sampai orang tuamu tahu pasti akan sangat memalukan sekali. Sehingga kamu memilih untuk berbohong saja.

Tahukah kamu, hal ini bisa memicu stress yang berbahaya bagi kesehatan tubuh lho. Gengsi mengakui hal-hal memalukan seperti itu bisa membuatmu merasa tak tenang. Sebuah penelitian yang dilakukan seorang profesor dari University of Notre Dame, Anita Kelly, seperti dilansir okezone.com (16/4), menguak fakta bahwa orang yang menyimpan rahasia pribadi lebih rentan stres.

Hal ini dikarenakan kamu terbiasa untuk bersikap tidak lepas. Kamu terlalu berusaha menghindari segala hal yang berpotensi membahayakan terbongkarnya rahasiamu itu. Rasanya melelahkan juga mengumpat di balik selimut terus menerus seperti itu.

Hidupmu seakan tak pernah tenang karena selalu diliputi perasaan khawatir, cemas, hingga takut. Berdasarkan penelitian tersebut, tubuhmu akan merespon dengan pernapasan makin cepat, jantung berdebar, otot menegang, hingga tekanan darah meningkat. Nah kalau terus menerus seperti ini, akan berbahaya bagi kesehatanmu, juga ketenangan batin. Lebih baik jujur saja akan apa yang terjadi.

Sumber gambar: www.merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Menanggapi Indonesia Bebas Budaya Pacaran 2024

Menanggapi Indonesia Bebas Budaya Pacaran 2024

Hendak Kuliah, Pikirkan Tujuan Kampus dengan Matang

Hendak Kuliah, Pikirkan Tujuan Kampus dengan Matang