Quality Time untuk Diri Sendiri Waktunya bersolilokui
Sumber gambar: prfmnews.com
in

Quality Time untuk Diri Sendiri, Waktunya Bersolilokui

UGET UGET Pernahkan kamu memiliki quality time untuk dirimu sendiri? Menyempatkan waktu untuk diam sejenak, sendiri, mengasing dari keramaian, dan berbicara pada hati sendiri? Jika belum memiliki quality time untuk itu, maka luangkan sedikit waktumu untuk itu.

Bukan bermaksud untuk mengajari hidup sebagai seorang pemurung yang sering berdiam diri dan kurang sosialisasi. Jelas ini perkara yang berbeda.

Terkadang, kita merasa sudah bosan mendengar keramaian dunia. Itu juga membuat kita penat dan butuh waktu untuk sendiri. Saya pikir tidak ada yang salah dengan hal ini. Bukan pula masalah introver atau ekstrover. Semua orang bisa jadi memang perlu quality time untuk hidupnya sendiri.

Lalu, apa yang harus dilakukan saat sendirian? Jangan pernah menganggap sendiri itu waktunya bermelo-melo ria. Kita memang boleh saja mengutarakan semua perasaan untuk diri sendiri. Bercerita kepada diri sendiri, bersolilokui, dan mencari solusinya sendiri pula.

Ceritakan keluh kesahmu dan apa saja yang kamu rasakan kepada dirimu sendiri saat sedang sendirian. Menangislah jika memang ada sesuatu yang layak untuk ditangisi. Tapi jangan lupa, setelah ini, pastikan kamu keluar dan bertemu dengan orang lain lagi dalam keadaan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Sendiri itu bukan waktu bersama setan yang mendekatkan pada keputusasaan. Sendiri adalah sebuah waktu yang berkualitas untuk lebih dekat dengan Tuhan, dan menge-charge kembali semangat yang sempat meredup sebelumnya.

Intinya, waktu yang berharga untuk diri sendiri sudah semestinya dimanfaatkan untuk meluapkan segala sesuatu yang sering sekali mengganjal di hati kita. Setelah diungkapkan, dicari solulisi, dan bangkit semangat lagi.

Kamu adalah satu-satunya orang yang mengerti dirimu. Mengerti apa yang kamu mau dan mengerti pula apa yang kamu rasakan dengan sebenar-benarnya. Jadi, ajaklah hatimu untuk bicara.

Ada banyak hal yang tidak dapat diungkapkan kepada orang lain. Padahal terkadang kita perlu untuk bisa bercerita dan mencari solusinya. Bersama Tuhan, dalam kesendirian, bukan tidak mungkin kita bisa menjawab semua tanda tanya yang ada. Inilah pentingnya kenapa kita perlu punya quality time untuk diri sendiri.

Sumber gambar: prfmnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Civitas Akademika Tanggapi dan Diskusikan Rapor 3 Tahun Pemerintahan Jokowi JK

Civitas Akademika Tanggapi dan Diskusikan Rapor 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Cara Mempertahankan Hubungan Biar Semakin Langgeng

Cara Mempertahankan Hubungan Biar Semakin Langgeng