Punya Bentuk Badan Ideal itu Susah Lho, Begini Tips untuk Pemula
Sumber gambar: Men's Journal
in

Punya Bentuk Badan Ideal itu Susah Lho, Begini Tips untuk Pemula

UGET-UGET | Sebagai seorang bertubuh kecil dan perut tambun, adalah cita-cita saya untuk memiliki badan ideal. Saya tidak suka melihat badan atlet. Pun saat teman-teman banyak meributkan Ronaldo, lengkap dengan gaya hidup dan pola latihannya yang terbilang luar biasa, saya memilih diam saja. Namun, dalam diam saya, ada keinginan kecil untuk memiliki bentuk badan seperti atlet-atlet tersebut: six-pack, kencang dan berotot.

Namun apalah daya saya, latihan silat dan olahraga ringan ternyata tidak banyak membantu dalam membentuk tubuh seperti yang dicita-citakan. Alhasil, semua itu berhenti. Barangkali keyakinan saya kurang tinggi, atau memang pola latihan yang kurang pas.

Setelah sibuk berselancar di dunia maya, saya pun menemukan pola latihan otot sederhana dari Hannah Davis, seorang personal trainer sekaligus spesialis dalam latihan kekuatan otot. Metode ciptaannya ditujukan untuk melatih kerja dan kekuatan tubuh melalui gerakan tubuh maupun alat olahraga.

Keuntungannya bukan hanya bentuk tubuh yang indah saja, melainkan juga meningkatkan laju metabolisme tubuh, membakar kalori, memperkuat tulang dan sendi. Selain itu, latihan tersebut juga bisa memperbaiki laju tekanan darah. Mau tahu metode latihannya?

Pemanasan

Sebagaimana Anda memulai olahraga lain, pemanasan menjadi kunci penting untuk mengawali latihan kekuatan otot. Hal tersebut dilakukan agar Anda terhindar dari cedera dan meregangkan otot yang kaku sehingga tidak kaget saat memulai latihan. Caranya sedergana, cukup pemanasan seperti umumnya selama lima hingga sepuluh menit.

Latihan Memanfaatkan Beban Tubuh

Untuk pemula, ada baiknya jika Anda menghindari penggunaan alat olahraga yang tentunya akan banyak menuntut kerja otot. Anda bisa menggunakan peralatan sederhana, seperti resistance band, kettlebell, atau juga bisa menggunakan dumbbell.

Punya Bentuk Badan Ideal itu Susah Lho, Begini Tips untuk Pemula
Sumber gambar: Men’s Journal

Atau Anda juga bisa memanfaat beban tubuh dengan melakukan gerakan-gerakan untuk melatih kekuatan otot, seperti squat, push-up dan lunges. Tak perlu banyak-banyak, cukup sedikit saja namun berlanjut terus-menerus. Dan seiring otot yang mulai terbiasa, Anda bisa meningkatkan jumlah secara bertahap.

Kombinasi Gerakan Tubuh Atas dan Bawah

Latihan otot Anda akan berjalan efektif jika dilakukan menggunakan semua otot tubuh secara merata. Artinya, Anda harus mampu menggerakkan dan melatih otot bagian atas dan bawah dalam hitungan dan frekuensi yang sama. Tujuannya, latihan yang menggunakan semua otot tubuh bisa memaksimalkan kerja otot dan pembakaran kalori.

Konsistensi

Hal terpenting yang harus Anda lakukan dan jaga adalah konsistensi Anda. Benar Anda bisa menjaga latihan otot selama seminggu, sebulan, atau setahun. Namun, jika saat tubuh mulai terbentuk dan Anda menghentikannya begitu saja, semua latihan itu akan sia-sia. Tubuh akan kembali ke bentuk lama.

Konsistenti bukan hanya persoalan rutinitas saja, melainkan juga persoalan frekuensi, jumlah dan peningkatannya secara bertahap. Ingat, secara bertahap. Anda harus sadar diri jika masih pemula, tak perlu memaksakan tubuh secara berlebih. Hasilnya malah bisa kebalikan dari apa yang Anda bayangkan.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Engineer Jepang Ini Berhasil Bikin Robot Gundam Sungguhan

Engineer Jepang Ini Berhasil Bikin Robot Gundam Sungguhan

Tak Perlu Perawatan Mahal, Buah yang Tinggi Kolagen Ini Bisa Membuat Kulitmu Bagus dan Sehat

Tak Perlu Perawatan Mahal, Buah yang Tinggi Kolagen Ini Bisa Membuat Kulitmu Bagus dan Sehat