uget uget - puncak pengger pinus panca wara
in

Puncak Pengger : Wisata Baru Di Yogyakarta Cocok Untuk Melepas Tekanan Hidup

UGETUGET — Puncak Pengger atau Gunung Pengger adalah salah satu objek wisata baru di Yogyakarta yang terletak di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Sajian utamanya adalah pemandangan alam asri dengan ribuan pohon cemara yang sudah berumur sangat tua.

Pohon cemaranya di Puncak Pengger ini berbeda dari yang ada di Pantai Goa Cemara di sebelah barat Pantai Samas. Pohon cemara di sini lebih mirip jenis pohon pinus yang tumbuh sangat tinggi. Menurut saya, objek wisata Puncak Tengger memiliki nuansa yang lebih indah daripada wisata pohon cemara lainnya.

Di sepanjang jalan dari Puncak Mangunan sampai dengan Puncak Pengger ini, memang banyak sekali objek wisata hutan pinus. Tetapi, bagi saya yang paling menarik adalah Puncak Tengger ini.

#1. Puncak Pengger: Benar-benar di Atas Pegunungan

Bagian timur laut Puncak Tengger membentuk sebuah lembah, sehingga posisi Puncak Tengger ini benar-benar di atas pegunungan. Dari area ini, kita bisa melihat pemandangan bagian timur laut yang sungguh indah. Karena lokasinya berada di ketinggian, maka area ini mendapatkan embusan angin segar.

Tempo hari, sewaktu saya mengunjungi kawasan wisata ini, udaranya benar-benar sejuk. Saya rasakan angin berembus seperti udara sejuk yang keluar dari mesin AC, tetapi jauh lebih menyehatkan ini. Ditambah lagi dengan suara desiran angin membuat kita betah berada di Puncak Pengger sampai dengan sore hari.

#2. Puncak Pengger: Kawasan Wisata yang Bersih

Puncak pengger dikelola dengan cukup profesional oleh warga kampung sekitarnya. Maka dari itu faktor kebersihan sangat diperhatikan. Meskipun merupakan kawasan hutan pinus, tetapi faktor kebersihan masih tetap dijaga. Saya tidak menemui plastik bungkus makanan atau sampah kimia lainnya karena di sana memang disediakan tempat sampah.

Saya sendiri tidak tega ketika Harus membuang plastik atau kertas yang saya bawa. Lebih baik saya simpan di saku dan jika ada kesempatan melewati tempat sampah akan saya buang di sana.

#3. Puncak Pengger: Belum Banyak yang Tahu

Saat saya berkunjung, kondisinya sepi, hanya ada beberapa pengunjung saja. Kondisi ini menurut saya sangat nyaman untuk bersantai dan melepas kepenatan karena pekerjaan dan tekanan hidup. Kita bisa bersantai, duduk-duduk, dan menikmati udara yang sejuk segar.

Setahu saya, Puncak Pengger ini adalah destinasi atau tujuan para pesepeda. Sering kali, komunitas sepeda mengadakan trip ke Puncak Pengger. Jaraknya dari kota Jogja sekitar 30 km. Ini adalah jarak yang ideal bagi pesepeda, apalagi ada jalur menanjak yang membuat stamina terkuras dan keringat bercucuran.

Jadi, di Yogyakarta khusus, di daerah Bantul timur, memang sedang dikembangkan banyak kawasan wisata baru. Karena, potensi wisata di daerah Bantul sangat tinggi. Belum lagi potensi wisata di daerah Imogiri yang belum terekspos.

Beberapa sinetron FTV sudah memanfaatkan keindahan alam di Imogiri dengan dilakukannya pengambilan adegan di daerah tersebut. Saya sendiri sudah menyaksikan keindahan pegunungan di daerah Imogiri. Akan sangat rugi sekali jika Pemerintah Kabupaten Bantul tidak mengembangkan potensi ini untuk menambah pendapatan daerah.

Lagi pula, pengembangan potensi wisata ini akan menyejahterakan penduduk di sekitar daerah kawasan wisata.

Kembali ke Puncak Pengger, di sana saya mengambil beberapa gambar yang cukup menarik, seperti di bawah ini:

Spot Terbaik Puncak Pengger

Setiap kawasan wisata memiliki spot terbaik. Lokasi andalan Puncak Pengger adalah Pancawara. Pancawara adalah sebuah spot yang berada di pinggir jurang dengan bentuk seperti tangan. Pengunjung wisata bisa berswafoto Pancawara seperti di bawah ini:

puncak pengger pinus

Tetapi kamu harus antre karena peminatnya cukup banyak. Berfoto di spot Pancawara tidak perlu bayar, tetapi kamu bisa menyumbang sukarela untuk pengembangan Pancawara ke depannya.uget uget - puncak pengger pinus

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

uget uget - Bekerja di Google: Belajar dari Kantor Google yang Nyaman

Bekerja di Google: Belajar dari Kantor Google yang Nyaman

uget uget - Game Show Benteng Takeshi- Dari Dubbing Aneh Hingga Game Lucu

Game Show Benteng Takeshi: Dari Dubbing Aneh Hingga Game Lucu