Proses Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Media Komik Perlu Didampingi Orang Tua
Sumber gambar: educenter.id
in

Proses Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Media Komik Perlu Didampingi Orang Tua

UGET-UGET | Proses pengayaan kosakata bahasa Indonesia sangat penting untuk anak. Sejak dini anak harus dikenalkan dengan berbagai macam kosakata, baik kosakata dari bahasa Indonesia maupun dari bahasa asing. Namun tetap utamakan bahasa Indonesia ya Bunda.

Anak dapat melalui perkembangannya dengan baik jika ia sudah dikenalkan dengan berbagai macam kosakata. Hal tersebut juga dapat meningkatkan prestasi akademik. Anak juga dapat lebih banyak mengutarakan ekspresinya ketika ia memiliki banyak kosakata.

Mengajarkan bahasa kepada anak harus dengan cara yang unik agar anak tidak mudah bosan. Penggunaan media yang menarik pun juga sangat diperhitungkan, seperti dengan menggunakan media komik contohnya. Media komik ini cukup ampuh untuk meningkatkan kosakata pada si anak.

PENELITIAN TENTANG PENGARUH KOMIK DALAM PENGAYAAN KOSAKATA

Ternyata penelitian tentang pengaruh komik terhadap proses pengayaan kosakata memang ada lho Bunda. Rasanya jadi tidak ragu lagi kan menggunakan media komik untuk memperkaya kosakata si anak?

Penelitian yang dilakukan oleh Thorndike seorang psikolog Amerika yang menyebutkan ketika anak membaca satu buah buku komik, maka sama dengan membaca buku-buku pelajaran dalam setiap tahunnya, sehingga kemampuan membaca dan penguasaaan kosakata anak yang membaca komik akan jauh lebih banyak daripada anak yang tidak membaca komik.

Wah ternyata manfaat dari membaca komik bagus sekali kan Bunda? Sudah ada penelitiannya lho.

ANAK TIDAK MERASA TERBEBANI KETIKA MEMBACA KOMIK

Karena komik merupakan media yang cukup menarik, hal ini tidak akan membebani anak karena komik berkaitan dengan hal-hal yang santai dan lucu, sehingga komik dapat dinikmati secara santai, kapan pun dan dimana pun yang memungkinkan untuk membaca. Karena sifat komik yang santai, komik dapat dengan mudah digunakan anak-anak sebagai sarana untuk memperkaya kosakata dan juga pembelajaran bahasa.

Komik untuk pengayaan kosakata bahasa Indonesia bagi anak cukup ampuh. Balon-balon kata yang terdapat dalam komik dapat membuat anak senang dalam membacanya. Yang terpenting juga tidak cepat membosankan bagi anak.

Proses Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Media Komik Perlu Didampingi Orang Tua
Sumber gambar: educenter.id

PENDAMPINGAN ORANG TUA SANGAT DIBUTUHKAN

Orang tua sebaiknya mendampingi anak ketika membaca, untuk menjelaskan kepada anak maksud dan arti dari cerita yang telah dibaca serta untuk memberikan pengarahan agar anak mendapatkan informasi yang sesuai. Agar orang tua memberikan penjelasan yang tepat orang tua juga memerlukan kamus misalnya untuk menjelaskan hal-hal yang tabu.

Itulah Bunda seputar proses pengayaan kosakata bahasa Indonesia bagi anak. Bunda dapat menggunakan media komik agar anak lebih tertarik untuk membaca. Selain itu Bunda harus tetap mengawasainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Hal-Hal yang Memukau Saat Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus di Istana Negara

Hal-Hal yang Memukau Saat Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus di Istana Negara

Festival Bahari Kepri 2018 Sajian Keindahan Bahari dan Lomba Tradisi

Festival Bahari Kepri 2018: Sajian Keindahan Bahari dan Lomba Tradisi