Prinsip Dasar Merakit Komputer PC untuk Gaming
Sumber gambar: gadgetren.com
in

Prinsip Dasar Merakit Komputer PC untuk Gaming

UGET UGET | Menyambung artikel yang kemarin, saya akan menjelaskan bagaimana cara merakit komputer untuk gaming. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu mendapatkan performa maksimal.

Komputer untuk gaming berbeda dengan komputer yang digunakan untuk pekerjaan kantoran.

Entah kenapa, saat ini saya lebih suka bermain game di komputer padahal sebelumnya saya tidak suka bermain game. Jadi saya mengubah komputer yang sehari-hari gunakan untuk pekerjaan kantoran menjadi Komputer gaming. Tentu saja ada beberapa komponen yang perlu di upgrade seperti prosesor dan kartu grafis.

Perlu diperhatikan, komponen untuk Komputer gaming jauh lebih mahal dibandingkan komputer untuk pekerjaan kantor. Satu set komputer gaming bisa mencapai 10 juta lebih.

Baiklah, berikut ini beberapa komponen dasar yang perlu kamu siapkan untuk mengupgrade komputer biasa menjadi Komputer gaming yang berkualitas. Diharapkan masih mampu menjalankan game dalam beberapa tahun kedepan.

PSU

Menurut saya PSU sangat penting. PSU atau power supply unit bekerja memberi pasokan listrik yang cukup dan dibutuhkan oleh komponen komputer. Jangan pernah memilih PSU abal-abal karena komponen komputer bergantung dengan kualitas PSU.PSU yang tidak berkualitas akan menyebabkan kerusakan komponen komputer yang lebih mahal harganya seperti Main Board dan VGA.

Minimal 500 watt pure, pilih merk yang bagus, bukan abal-abal. Sesuaikan dengan kebutuhan VGA dan mainboard. Komputer gaming memang butuh power yang lebih.

Prosesor

Processor adalah inti manajemen komponen komputer di dalamnya. CPU akan mengatur kinerja seperti kartu grafis dan memori. Sesuaikan performa CPU dengan komponen lainnya.

AMD atau Intel ? tidak perlu dijelaskan, karena ini soal fanatisme saja. Saya sendiri lebih suka dengan intel.

Kartu Grafis (VGA)

merakit komputer pc gaming
Sumber gambar: jalantikus.com

Pada dasarnya memilih kartu grafis bisa dilihat dari jumlah bit dan jenis memorinya. Saya memilih jumlah bit di atas 256bit dengan jenis memori DDR5. Minimal 4GB. Dengan spesifikasi di bawah itu saya rasa sulit untuk menjalankan game terbaru. Sekarang ini game dibuat sangat rakus memori apalagi jika kamu ingin bermain pada mode resolusi tinggi.

Jumlah GB dan bit akan memengaruhi texture dan besarnya resolusi.

Mainboard.

Lebih baik menggunakan mainboard yang sudah mendukung memory terbaru DDR4. Memory DDR4 menawarkan bandwidth yang lebih besar dibandingkan sebelumnya, DDR3.

Tetapi, harga RAM DDR4 lebih mahal. Mainboard nya juga lebih mahal. Wajar saja karena menawarkan performa yang lebih tinggi.

Ketika memilih Main Board jangan lupa disesuaikan dengan socket processor. Karena beda socket maka beda mainboard. Untuk mainboard dengan DDR4, biasanya menggunakan socket 1151 dan prosesor intel dengan kode skylake.

Memori (RAM)

Tentu saja memilih yang DDR4. Minimal 8 GB, bisa juga sampai 16 GB untuk performa yang lebih maksimal.

Prinsipnya, ketika memilih komponen komputer gaming harus setara, artinya tidak boleh ada komponen yang performanya lebih tinggi karena akan menyebabkan bottleneck. Memang tidak menyebabkan kerusakan, tetapi tidak efektif. Biaya yang kamu keluarkan tidak sesuai dengan performa yang didapat.

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Cara Mudah dan Murah Meningkatkan Kinerja PC

Cara Mudah dan Murah Meningkatkan Kinerja PC

Merinding, Video Merry Riana ini Viral!

Merinding, Video Merry Riana ini Viral!