Presiden Indonesia Dalam 7G
Sumber gambar: The Indonesian Institute
in

Presiden Indonesia Dalam 7G

UGET-UGET | Sejak merdeka, sudah ada 7 nama yang menjabat sebagai presiden Indonesia. Bukan hal yang mudah tentunya untuk memerintah sebuah organisasi besar seperti negara. Intrik dan gosip bertebaran terkait upaya-upaya politik, baik dari lawan maupun kawan.

Presiden Indonesia Dalam 7G
Sumber gambar: The Indonesian Institute

Menghadapi berbagai kondisi, masing-masing presiden punya cara sendiri. Punya strategi dan jenis pendeketan berbeda untuk mensosialisasikan program, tujuan, maupun citra dirinya. Selain itu, ternyata masing-masing presiden juga punya gaya sendiri saat menjabat, Lho. Berikut gaya menjabat presiden yang dirangkum dalam 7G. Bukan jenis kecepatan akses internet tentunya.

Getar Pidato Bung Karno

Dikenal sebagai salah satu pendiri dan Founding Fathers dari Negara Republik Indonesia, Bung Karno hidup dalam zaman penuh perjuangan. Menggalang massa agar satu tujuan, baik masyarakat sipil, militer maupun politisi, bukan tugas mudah tentunya. Selain itu, masih ada serangan-serangan dari pemerintah Kolonial yang enggan melihat Indonesia merdeka.

Presiden Indonesia Dalam 7G
Sumber gambar: DW

Dalam melakukan semua hal tersebut, Ir. Soekarno terkenal fasih dalam retorika, debat, maupun pidato. Teringat cerita nenek saya di Magelang, pernah satu saat Pak Karno memberikan pidato di alun-alun Magelang. Saat itu, masyarakat yang tinggal di gunung rela hadir dan berjalan selama berhari-hari demi menyaksikan wibawa dan persona Pak Karno di podium.

Gemas Senyuman Pak Harto 

Julukan The Smilling General  yang diberikan oleh media barat pada masa pemerintahannya, tampaknya memang tepat. Coba Anda cari di Google, sebagian besar foto yang kita temukan saat mengetikkan Soeharto adalah foto wajahnya yang dihiasi senyum ramah, selain foto-foto terkait kontroversi dirinya.

Presiden Indonesia Dalam 7G
Sumber gambar: Papnews.com

Ah, tapi sudahlah, sejarah ada bukan untuk dibicarakan terus-menerus di setiap momen khusus, terlebih di masa-masa mendekati pemilihan presiden dan bertepatan dengan naiknya Tommy Soeharto ke area politik Indonesia. Terlepas dari semua itu, jika menurut penjelasan para orang tua di desa saya, lebih enak masa Pak Harto, toh? Jangan pakai tapi, karena akan panjang.

Genius! Satu Kata Untuk Pak Habibie

Pemilik nama lengkap Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng ini terkenal sebagai presiden paling pintar, dan paling singkat masa pemerintahannya. Dirinya diangkat sebagai presiden setelah menjabat selama 2 bulan 7 hari sebagai wakil presiden. Dan masa sebagai presiden pun terhitung pendek, hanya bertahan selama 1 tahun 5 bulan!

Presiden Indonesia Dalam 7G
Sumber gambar: Okezone News

Membicarakan prestasi, presiden ketiga Indonesia ini memiliki banyak sekali. Terutama di bidang akademik. Lulusan Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung (sekarang Institut Teknologi Bandung) ini berhasil menjadi orang Indonesia pertama yang merancang pesawat di Jerman.

Gelak Tawa Gus Dur

Barangkali, tak ada presiden yang lebih lucu daripada Gus Dur. Presiden dengan nama lengkap Abdurrahman Wahid ini kerap melontarkan gurauan, baik saat di Indonesia maupun di luar. Contoh gurauannya seperti dilansir dari The Economist, “Sukarno gila wanita, Suharto gila uang, Habibi gila teknologi, sedangkan saya? Saya ini orang gila!”

Presiden Indonesia Dalam 7G
Sumber gambar: Nu Online

Selain itu, ada juga gurauan dari Gus Dur sesaat sebelum ia dimakzulkan oleh MPR, semasa penglihatan Gus Dur benar-benar berkurang, “Saya butuh bantuan untuk naik (kepresidenan), bahkan turun pun begitu!” 

Gercapnya Bu Megawati

Megawati Soekarno Putri naik ke puncak tertinggi kekuasaan Indonesia setelah Abdurrahman Wahid dimakzulkan oleh MPR. Setelah itu, ia bergegas menata roda pemerintahan. Warisan hutang IMF pada masa Soeharto mendekati tenggang. Selain itu, perekonomian masih berjalan buruk akibat dari Krisis Moneter.

Presiden Indonesia Dalam 7G
Sumber gambar: Koran Sulindo

Hasilnya, selama tiga tahun pemerintahan di bawah kepemimpinannya, perekonomian Indonesia berangsur membaik. Ia mengalokasikan Rp116,3 triliun sebagai pembayaran hutang sebesar 134 milyar USD. Selain itu, pemerintah juga menjual Indosat yang sebelumnya merupakan BUMN, dan mengalokasikan dana penjualan untuk pertumbuhan ekonomi. Sebagai presiden, langkah Bu Megawati terbilang taktis dan cepat, layaknya tentara di medan pertempuran. 

Genuine Artist!

Presiden keenam Indonesia, Soesilo Bambang Yudhoyono berhasil memerintah selama dua periode. Dan kehidupan politik tidak pernah tenang. Selalu ada intrik yang diproduksi untuk menjatuhkan lawan maupun kawan.

Presiden Indonesia Dalam 7G
Sumber gambar: Singindo

Menurut saya, langkah Pak SBY dalam mengendurkan pikiran kala menghadapi dunia perpolitikan yang terkadang kejam, terbilang unik dan indah. Bayangkan, selama 10 tahun kepemimpinannya, mantan Menteri Pertambangan dan Energi pada era BJ Habibie ini berhasil menelurkan 5 album musik. Menurut saya, jika seseorang tidak memiliki kesadaran artistik, akan kesulitan untuk mengerjakan apa yang berhasil dicapai olehnya.

Gayanya itu, Lho

Presiden ketujuh Indonesia, Joko Widodo atau kerap disapa Jokowi, menjadi, barangkali, presiden tergaul yang pernah menjabat. Bagaimana tidak, gaya berpakaiannya bisa menyesuaikan segala kondisi. Saat bersantai, ia menggunakan sepatu santai. Begitu pula saat resmi. Namun, semua hal itu dilakukan dengan luwes. Bahkan juga tengah viral, tentang sepatu sneakers yang dipakainya, lengkap dengan berbagai kisahnya.

Presiden Indonesia Dalam 7G
Sumber gambar: Fornews.com

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Festival Pasar Terapung 2018: Sensasi Belanja Kebutuhan Masyarakat di Sungai!

Festival Pasar Terapung 2018: Sensasi Belanja Kebutuhan Masyarakat di Sungai!

Pentingnya Pendampingan Orang Tua Terhadap Anak dalam Memilih Program Tayangan Televisi

Pentingnya Pendampingan Orang Tua Terhadap Anak dalam Memilih Program Tayangan Televisi