Prasyarat Menjadi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0, Apa Saja Sih?
SUmber gambar: steemkr.com
in

Prasyarat Menjadi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0, Apa Saja Sih?

UGETUGET | Dari sekarang nampaknya kita harus mulai sadar bahwa untuk menjadi guru di era revolusi industri 4.0, haruslah mengubah paradigma tentang industri global terlebih dahulu.

Dampak dari perubahan juga dirasakan oleh kalangan pengajar atau guru. Perlu digarisbawahi bahwa yang dimaksud guru di sini ialah guru yang mengajar di institusi pendidikan dan memiliki gelar ijazah yang disahkan oleh intitusi negara terkait.

Nampaknya semakin kencang laju teknologi digital juga mempengaruhi sistem pembelajaran di dalam kelas. Dalam tulisan ini saya akan menjelaskan beberapa prasyarat yang harus dimiliki guru di era Revolusi Industri 4.0 ini.

Mengoperasikan Android

Guru harus bisa mengoperasikan android. Kenapa syarat pertama harus bisa mengoperasikan android? Karena di dalam sistem operasi android ada aplikasi wajib yang bernama WhatsApp.

Fungsi WhatsApp ini mengalahkan fungsi mading dan papan pengumuman di ruang guru. Sehingga apabila ada guru yang tidak bisa mengoperasikan android, maka secara otomatis guru dan siswa-siswanya akan ketinggalan Informasi.

Mengoperasikan Windows

Guru harus bisa mengoperasikan perangkat komputer dengan basis Windows, yang di dalamnya ada seperangkat office.

Guru Era Revolusi Industri 4.0
Sumber gambar: guraru.org

Kita ketahui bahwa pembuatan soal dan beberapa administrasi guru dioperasikan menggunakan office sehingga software ini merupakan perangkat lunak wajib bagi para guru.

Membiasakan Test Berbasis Computer

Test berbasis Computer (TBC) ialah salah satu cara di pendidikan Indonesia untuk menguji kemampuan siswanya. TBC menjadi tren karena untuk mengurangi dampak kertas dan efisiensi guru dalam hal pengoreksian.

Walaupun TBC hanya bisa dilakukan dengan menggunakan soal pilihan ganda atau multiple choice, tapi sistem ini mempunyai pengaruh yang sangat terasa.

Apa pengaruhnya ke guru? Guru akan terbiasa membuat soal dengan jumlah di atas rata-rata. Ketika soal yang diuji berjumlah 40, maka secara otomatis guru akan membuat soal dengan jumlah dua kali lipatnya, yaitu 80 soal. Kemudian soal itu akan diacak.

Rapor Online

Rapor online sangat mungkin terwujud. Sebagai sebuah sistem informasi akademis, rapor online merupakan sebuah sistem masa depan di dunia pendidikan. Sehingga semua data akan menjadi satu dan terintegrasi.

Hanya saja rapor online ini juga menjadi dilema, karena guru harus selalu online atau terhubung dengan internet. Padahal jaringan internet di Indonesia masih belum merata.

Semoga dari beberapa penjelasan di atas kawan-kawan bisa membayangkan kondisi guru di era revolusi industri 4.0 ini. Empat poin tersebut merupakan pengalaman empiris saya saat menjadi guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Deepawali, Barisan Cahaya Penuh Makna Dari India

Deepawali, Barisan Cahaya Penuh Makna Dari India

Cara Alihkan Balita Dari Gadget, Layak Dicoba Nih...

Cara Alihkan Balita Dari Gadget, Layak Dicoba Nih…