Posisi Unik Melahirkan Di Berbagai Negara
Sumber gambar: medan.tribunnews.com
in

Posisi Unik Melahirkan Di Berbagai Negara

UGETUGET | Umumnya, posisi melahirkan yang kita ketahui lewat gambar atau televisi adalah tidur telentang dengan kaki ditekuk ke atas. Namun tak disangka banyak negara yang mempunyai posisi unik melahirkan.

Berikut beberapa posisi bersalin unik yang ada di beberapa negara.

Amerika

posisi melahirkan amerika
Sumber gambar: kebidanan76.blogspot.com

Posisi melahirkan dengan cara tidur menyamping. Hal ini biasa diterapkan oleh rumah sakit di Amerika ketika proses kelahiran berlangsung lama dan ibu mengalami kesulitan untuk tetap rileks.

Pada posisi ini, si ibu diharuskan berbaring pada salah satu sisi dengan tubuh menekuk (bisa dikatakan posisi fetal). Posisi ini untuk menjaga ibu tetap rileks selama proses kelahiran, sehingga meminimalisir rasa lelah akibat proses persalinan yang panjang.

Biasanya, di rumah sakit Amerika sering menggunakan sisi kiri. Terutama ketika detak jantung bayi melemah sepanjang kontraksi.

Namun demikian posisi ini tidak begitu diminati, sebab posisi ini tidak memepercepat proses kelahiran karena posisi tidur menyamping. Berbeda dengan posisi tegak yang memanfaatkan gravitasi bumi.

Australia

Semi-Sitting, istilah posisi melahirkan ini yang dikenal di Australia. Posisi ini dilakukan ketika dokter kandungan menghendaki untuk melihat dengan jelas pergerakan perineum saat proses kelahiran.

Fungsinya agar perobekan vagina atau perineum dapat diminimalisir atau dihilangkan.

Thailand

posisi melahirkan unik
Sumber gambar: edoc.tips

Posisi bersalin wanita Thailand mempunyai variasi melahirkan. Salah satunya, ketika melahirkan dengan posisi duduk, kemudian menggunakan sejenis kasur lipat untuk menopang punggung.

Suami biasanya duduk di belakang sambil membantu menarik paha ibu. Di posisi kaki diletakkan pijakan bambu yang dapat didorong saat ibu mengejan.

Cara lainnya dengan duduk di depan Mo Tamaye (dukun melahirkan) yang memeluknya dari belakang. Tali panjang dipasang di langit-langit rumah.

Hal itu berfungsi sebagai alat mengurangi rasa sakit ibu saat mengejan dengan cara menariknya.

Variasi ini diterapkan ketika para wanita Thailand memutuskan melahirkan tanpa bantuan dokter dan mengundang Mo Tamaye.

Afrikah Tengah

Di Afrika Tengah biasa menggunakan posisi jongkok dengan memegang dahan pohon. Biasanya sebuah pohon kecil akan ditanam di antara dua atau tiga pohon lainnya.

Kalau tidak ada, maka mereka akan menancapkan tiang ke dalam tanah. Hal ini berfungsi sebagai pegangan ibu dalam posisi berlutut atau berjongkok saat mengejan.

Akses medis seperti dokter kandungan dan laboratorium yang sangat minim mendorong masyarakat untuk melahirkan dengan cara normal dan tradisional.

Written by Budi

Sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Louis Pasteur Dan Penemuannya Berguna Banget Loh Di Era Sekarang

Louis Pasteur Dan Penemuannya Berguna Banget Loh Di Era Sekarang

Kebiasaan-kebiasaan yang Membuat Berpikir Dewasa, Wajib Tahu Nih...

Kebiasaan-kebiasaan yang Membuat Berpikir Dewasa, Wajib Tahu Nih…