Ngeri, Polusi Suara Bisa Picu Penyakit Jantung
Sumber gambar: titiknol.co.id
in

Ngeri, Polusi Suara Bisa Picu Penyakit Jantung

UGET UGET – Saat ini sarana transportasi sudah menjadi kebutuhan yang tak terelakkan dalam kehidupan dengan mobilisasi yang tinggi. Implikasinya orang lebih memilih menggunakan kendaraan daripada berjalan kaki. Bahkan saat ini, orang mengejar ambisi masing-masing untuk dapat sampai tempat tujuan dengan cepat. Akhirnya, saat ini di Indonesia hampir di setiap rumah mempunyai kendaraan.

Saking banyaknya permintaan akan kendaraan pribadi, kemacetan semakin tak terelakkan. Berbagai kendaraan pribadi tumpah ruah di jalanan. Sehingga kemacetan seakan menjadi makanan sehari-hari hampir di semua kota besar di Indonesia. Nah kemacetan ini juga menuai masalah baru, yaitu polusi suara. Tahukah kamu, polusi suara ini berdampak besar pada kesehatan lho.

Para peneliti dari Jerman dan Denmark berusaha menemukan pengaruh antara kebisingan dengan penyakit jantung. Dan hasilnya yang telah dipublikasikan pula dalam Journal of The American College of Cardiology menunjukkan bahwa polusi suara memiliki dampak signifikan pada kesehatan kardiovaskular.

Telah terbukti baik manusia maupun hewan yang terpapar suara keras terus menerus memiliki tingkat gagal jantung yang lebih tinggi. Dilansir kompas.com, ini disebabkan karena suara keras berdampak pada irama jantung yang tak teratur, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, hingga gula darah yang tinggi.

Simpelnya saat kita berada di dekat speaker yang mengeluarkan suara yang spektakuler saja cukup membuat jantung berdebar. Rasanya seperti ada tekanan pada jantung. Tak hanya itu telinga juga terasa amat bising. Sama halnya dengan mendengarkan suara klakson. Suaranya yang melengking seperti itu juga mengganggu kenyamanan.

Para peneliti tersebut percaya bahwa polusi suara menyebabkan lonjakan hormon stres dalam tubuh manusia. Hormon inilah yang berbahaya bagi arteri jantung dan beberapa bagian tubuh lain. Padahal sudah menjadi konsumsi umum bahwa stres dapat memicu berbagai penyakit mematikan.

Lama kelamaan mendengar klakson bisa melelahkan pikiran. Apalagi jika rumahmu berada di dekat jalan raya. Seperti kita tahu, suasana bising sangat mengganggu kualitas tidur. Padahal istirahat yang cukup merupakan kebutuhan dasar manusia. Begitu pula dengan ketenangan batin. Karenanya masalah polusi suara ini tak boleh disepelekan dan perlu mendapat perhatian khusus.

Sumber gambar: titiknol.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Lima Soft Skill Ini Perlu Menjadi Bekal Hidup Kita

Lima Soft Skill Ini Perlu Menjadi Bekal Hidup Kita

Wanita Lebih Memilih Pria yang Lebih Tua untuk Dijadikan Pendamping Hidup

Wanita Lebih Memilih Pria yang Lebih Tua untuk Dijadikan Pendamping Hidup