menikahi dua wanita sekaligus
in

Poligami : Menikahi 2 Wanita Sekaligus, Bolehkah Dalam Islam?

Poligami selalu menjadi topik sensitif sekaligus paling banyak dibicarakan akhir-akhir ini, Karena munculnya salah seorang ustad kondang yang memamerkan 3 istrinya, kemudian munculnya situs nikahsiri.com yang menjadi solusi bagi orang yang ingin poligami secara diam-diam. Poligami selalu menjadi polemik di masyarakat, ada yang mendukung dan ada yang menghujatnya.

Jika dirunut lebih dalam lagi, permasalahan poligami akan berbenturan dengan masalah agama yang cukup sensitif. Jika bersinggungan dengan agama maka secara otomatis akan bersinggungan dengan salah satu ayat di Alquran. Ini sungguh topik yang berat dan bukan kemampuan saya untuk membahasnya.

Tapi yang membuat semua orang terheran-heran, ada orang greget yang mencintai poligami dengan sungguh-sungguh. Saking cintanya, orang ini akan menikahi dua wanita sekaligus dalam satu waktu. Kurang greget Apalagi coba.

Belakangan ini muncul berita ada seorang pemuda yang ingin menikahi 2 pacarnya sekaligus dalam satu waktu. Meskipun berita ini tidak diliput oleh wartawan, tetapi karena unik berita ini menjadi viral. Mungkin salah seorang temannya yang diberikan undangan kemudian menguploadnya ke sosial media. Dalam waktu singkat, foto itu menjadi viral dan akhirnya sampai ke telinga kita saat ini.

Saya tidak perlu menyebutkan nama orang yang akan menikah tersebut.

Sungguh kecewa, karena berita tersebut menjadi viral akhirnya KUA setempat bertindak dengan sangat cepat untuk menghentikan aksi greget itu. Pernikahan semacam ini memang tidak diperbolehkan oleh undang-undang. Undang-undang memang berkata seperti itu, tidak diperbolehkan.

Tapi bagaimana dengan hukum agama? Seperti yang kita ketahui bahwa hanya agama Islam yang memperbolehkan poligami. Meskipun sebenarnya poligami itu adalah tradisi yang sudah berlangsung Jauh sebelum Islam datang. Setelah islam datang, maka aturan poligami diperbaiki dengan hanya menyisakan 4 orang istri saja.

Pada zaman dulu, poligami dilakukan dengan lebih banyak istri. Bisa 10, 20 atau lebih. Sejak kedatangan agama Islam, poligami diatur dan hanya boleh menikahi maksimal 4 orang istri saja.

Karena aturan poligami itu diperbolehkan dalam Islam, maka kita akan melihat Apakah menikahi dua wanita sekaligus diperbolehkan dalam agama Islam

Setelah saya cari di internet, Hukum menikahi 2 wanita sekaligus dalam satu waktu dalam Islam diperbolehkan. Secara hukum diperbolehkan, tetapi secara etika maka lebih baik tidak dilaksanakan demikian. Penjelasannya seperti yang saya baca, Jika pada malam pertama seorang suami harus menyetubuhi 2 orang wanita sekaligus, Maksudnya satu persatu tetapi secara bergiliran. Dikhawatirkan pada persetubuhan yang kedua stamina suami kurang maksimal dan ini akan merugikan istri kedua atau yang mendapat giliran terakhir.

menikahi 2 wanita sekaligus
Sumber : Tribun Medan

Intinya seperti itu. Biar lebih afdol, saya bagikan quote dari sumber yang saya baca

“Maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat.” (SQ. An Nisaa’: 3).

Maka yang demikian itu tidak ada bedanya antara menikahi dua orang wanita sekaligus di waktu yang sama, atau di waktu yang sedikit berbeda. Akan tetapi para Ulama’ Rahimahumullah membenci apabila malam pengantin dua wanita tadi dilaksanakan di satu malam yang sama, karena dikhawatirkan mengurangi hak salah satu dari keduanya karena kurang maksimal pembagian waktunya.

sumber https://islamqa.info/id/212884

Jadi orang greget yang ada di Indonesia ini sudah memenuhi aturan dalam hukum Islam. Tapi negara tidak memperbolehkan pernikahan semacam itu. Bahkan untuk melaksanakan poligami secara umum dibutuhkan syarat-syarat yang tidak mudah seperti penghasilan suami, kesehatan suami dan lain-lain. Dari yang paling sulit didapatkan adalah surat izin dari istri pertama.

Padahal menurut agama Islam surat izin poligami dari istri pertama tidak diperlukan. Artinya seorang suami boleh saja langsung menikah tanpa harus mendapatkan persetujuan dari istri pertama.

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Calon Pemimpin yang Berintegritas Siapkan Estafet Kepemimpinan, uget uget

Calon Pemimpin yang Berintegritas Siapkan Estafet Kepemimpinan

Kuis Indonesia Berhadiah- Bisik-Bisik, Ingat? uget uget

Kuis Indonesia Berhadiah: Bisik-Bisik, Ingat?