Setelah Sahur Tidur Lagi Nggak? Ini Pola Jam Tidur Yang Tepat di Bulan Ramadhan
Sumber gambar: istimewa
in

Setelah Sahur Tidur Lagi Nggak? Ini Pola Jam Tidur Yang Tepat di Bulan Ramadhan

UGETUGET – Bulan puasa mau tidak mau mengubah ritme tidur kita, dari semula yang tidur mulai jam 10.00 dan bangun pada pukul 05.00 pagi, sekarang berubah. Kita harus bangun untuk makan sahur pada pukul 03.00 pagi. Dari sini pula pola jam tidur sudah berubah. Perubahan ini akan mempengaruhi kesehatan kita. Jangan sampai karena datangnya bulan puasa ini kita menjadi sakit dan kurang tidur.

Untuk itu pada artikel kali ini saya ingin membagikan tips bagaimana tetap sehat dan cukup tidur pada bulan puasa. Seperti diketahui melalui beberapa artikel yang ada di internet bahwa tidur setelah sahur atau setelah salat subuh ternyata kurang bagus untuk kesehatan.

Artikel itu benar adanya, karena saya sudah merasakan sendiri bagaimana lelahnya tidur setelah bangun sahur. Saya mencoba tidur setelah salat subuh, dan bangun pada pukul sekitar 09.00 pagi. Tubuh ini rasanya lelah, mudah capek dan badan terasa panas.

Jadi bisa disimpulkan bahwa tidur setelah sholat subuh atau setelah sahur tidak cocok untuk pola hidup sehat di bulan Ramadan. Kemudian saya mencoba untuk tidur pada pukul 08.00 pagi. Sejak sahur saya tidak tidur lagi tetapi mengerjakan aktivitas seperti bekerja dan menulis blog. Setelah matahari terbit saya melakukan aktivitas seperti membersihkan rumah dan aktivitas fisik lainnya.

Setelah Sahur Tidur Lagi Nggak? Ini Pola Jam Tidur Yang Tepat di Bulan Ramadhan

Baru pukul 08.00 pagi, tubuh mulai lelah dan mata sudah mengantuk. Sepertinya tidur beberapa jam adalah ide yang bagus untuk tetap segar dan bersemangat. Saya merebahkan diri, dan pada pukul 10.00 pagi saya terbangun. Dan ternyata hanya dengan tidur 2 jam, tubuh menjadi lebih segar dan tidak mengantuk lagi.

Entah kenapa polanya seperti ini. Padahal lama tidurnya hanya 2 jam saja, dibandingkan dengan tidur setelah sholat subuh sekitar pukul 05.00 pagi dan bangun pada pukul 09.00 pagi, itu sekitar 4 jam. Dan badan terasa capek, mudah lelah dan kemungkinan seharian hanya dihabiskan untuk tidur-tiduran. Sama sekali tidak produktif untuk bulan yang penuh berkah ini.

Untuk menambah waktu tidur, setelah salat dhuhur kamu bisa merebahkan diri sejenak, sekitar 30 menit sampai dengan 1 jam. Sudah cukup untuk menyegarkan kembali tubuh yang lelah.

Itulah pola tidur yang nyaman ketika bulan ramadhan. Yuk semangat puasanya.

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Buka Puasa Pakai Air Hangat atau Air Dingin? Begini Kata Ahli

Buka Puasa Pakai Air Hangat atau Air Dingin? Begini Kata Ahli

Soal Kasus Pelecehan Via Vallen, Begini Tanggapan Komnas Perempuan

Soal Kasus Pelecehan Via Vallen, Begini Tanggapan Komnas Perempuan