Pohon Plastik Tanda Korupsi? Anda Salah Memahaminya
Sumber gambar: pepnews.com
in

Pohon Plastik Tanda Korupsi? Anda Salah Memahaminya

UGETUGET – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali dibuat pusing oleh warganya. Niat hati untuk meningkatkan estetika Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Baru, berakhir ­bully bertubi-tubi dari netizen. Jauh api dari panggang!

Bermula dari cuitan salah satu warga tentang pohon plastik yang dianggap menganggu kenyamanan pejalan kaki, layaknya efek bola salju, kini hampir seluruh warga Indonesia menaruh perhatian pada kasus ini. Cuitan demi cuita dilontarkan. Opini, asumsi, tuduhan dan bully-an, menjadi makanan sehari-hari Pemprov.

Setelah ketiadaan respon selama beberapa hari, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, pun berkomentar. Menjadi pemimpin yang berusaha menenangkan warganya, ia menjelaskan bahwa dirinya juga ikut heran dengan metode pemasangan pohon plastik tersebut.

Dikutip dari Kompas.com, Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa diri baru mengetahui keberadaan pohon plastik sepulangnya dari bandara. “Sebetulnya saya pertama waktu landing kan menuju ke Merdeka Selatan langsung dari airport, saya baca tulisannya… Saya lupa kalau gak salah di salah satu (media) online, tentang lampu yang baru dipasang. Terus kebetulan ngeliat ke kiri ada beberapa… Tapi kok bentuknya seperti itu gitu…”

Seakan kurang puas, netizen pun terus menyulut kritik agar proyek ini diberi perhatian khusus oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). Bahkan ada beberapa warga yang merelakan waktunya untuk berselancar di dunia maya demi menemukan titik terang kejelasan pengadaan proyek pohon plastik. Hasilnya adalah simpang siur data pengadaan tender milik Pemprov DKI Jakarta di dunia maya.

Barangkali beberapa dari kita akan menilai hal ini sebagai kejadian buruk. Sebagai salah satu aib yang mencoreng kinerja instansi pemerintahan. Tapi tunggu dulu, baiknya kita melampaui kenyataan terjadi untuk memahami maksud dan tujuan dari setiap fenomena.

Dalam wawancaranya dengan Kompas.com, Sandi mengatakan “”Ya, sometimes people make effort untuk secara… Mengambil inisiatif ya… Tapi ya kadang-kadang dari inisiatif tersebut ada yang tidak terpikirkan dengan baik dan kita beri maklum, pengertian ke mereka bahwa kalau mereka ngambil inisiatif itu lebih baik disosialisasi dulu ke kepala dinasnya.”

Bisa kita pahami dari ungkapan tersebut bahwa pengadaan pohon plastik adalah murni hasil kreativitas dari tim di bawah Sandiaga Uno. Bukan hasil ide Sandi sendiri. Bukankah itu adalah pertanda bagus? Ada kebebasan berekspresi yang diberikan Sandi kepada timnya. Terlepas buruk atau jelek, kan jadi tahu dari respon masyarakat.

Lifestyle Lalu Jadi Pengawas

Pohon Plastik Tanda Korupsi? Anda Salah Memahaminya
Sumber gambar: pepnews.com

Nah, terlebih yang membuat saya bangga, adalah daya kritis dari netizen kita. Tercatat sudah ribuan kali twit yang meluncur di ranah maya terkait pohon plastik ini. Lengkap dengan review singkat, perbandingan harga, pengalaman pribadi, pun meme terkait kondisi ini. Dalam kacamata saya, ada peningkatan penggunaan telepon pintar secara fungsional. Jika sebelumnya, dan itu yang dipahami oleh orang-orang intelek yang kerap berhadapan dengan angka (alih-alih kenyataan), hanya sebatas lifestyle dan status sosial, kasus ini membuktikan betapa netizen kita mampu dan bisa mencari data-data lapangan yang terhitung sulit ditemukan.

Buktinya? Bisa kita lihat sebaran detail jumlah dana pengadaan tender pohon plastik dari tahun ke tahun yang kini bertebaran di dunia maya. Lalu, masih meributkan apa lagi? Bukankah ini adalah kebahagiaan bagi pemerintah kita? Tanda sudah ada peningkatan kesadaran publik yang dimiliki oleh warganya. Maka, tak perlu kita berpanjang lebar meributkannya. Toh, banyak sisi positif yang bisa kita lihat kok.

Selain itu, gambar yang beredar itu bukanlah pohon plastik. Tapi pohon hias. Jadi jangan harapkan atau bandingan dengan fungsi pohon yang sebenarnya. Wong itu fungsinya cuma hiasan kok. Mau tanya tentang isi tulisan yang menyebut kalo dananya buat pengadaa pohon hidup? Ssssst… sudah, biar itu jadi tanggung jawab mas Sandi sama Tuhannya.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

5 Keuntungan Wisata Keliling Jogja Menggunakan Bus Trans Jogja

5 Keuntungan Wisata Keliling Jogja Menggunakan Bus Trans Jogja

Untukmu Penikmat Kopi, Begini Tips Aman Minum Kopi Selama Bulan Puasa

Untukmu Penikmat Kopi, Begini Tips Aman Minum Kopi Selama Bulan Puasa