Permen Mint Picu Bau Mulut Semakin Parah
Sumber gambar: www.klikdokter.com
in

Permen Mint Picu Bau Mulut Semakin Parah

UGET UGET – Bau mulut memang menjadi masalah tersendiri. Ini sangat mengganggu kenyamanan ketika berbicara dalam jarak dekat dengan siapa pun. Bau mulut juga bisa membuatmu semakin tak percaya diri. Nah biasanya permen mint menjadi andalan saat bau mulut menyerang. Namun apakah kamu akan tetap memakan permen mint setelah mengetahui fakta berikut?

Permen mint memang identik menimbulkan rasa dan aroma yang menyegarkan. Namun ternyata, bukannya menghilangkan bau mulut, permen mint justru membuat napas semakin tidak segar dalam jangka panjang. Ini disebabkan oleh gula yang terkandung di dalamnya.

Dilansir kumparan, menurut Drg. Raha Sepehrara dengan memakan permen mint artinya kita memberi makan pada bakteria yang menimbulkan halitosis atau bau mulut. “Dalam jangka panjang tidak hanya membuat nafas makin tak segar, tapi juga gigi berlubang,” begitu ujarnya.

Memang benar ketika mengunyah permen mint, lidah akan terasa asam. Rupanya ini disebabkan karena mulut menghasilkan reaksi kimia yang mengubah gula pada air liur menjadi zat asam. Zat asam ini lah yang memicu gigi keropos dan bau mulut.

Rasanya permen mint memang bisa mengurangi bau mulut dalam sekejap. Tetapi bau mulut ini akan muncul kembali. Rasa asam di mulut juga membuat kita kurang nyaman. Tetapi biar bagaimana pun permen mint dengan bentuknya yang praktis membuatnya masih menjadi pilihan ya. Kamu masih bisa memakan permen mint, namun bila ingin menghilangkan bau mulut sebaiknya pilih permen yang bebas gula.

Bau mulut bukan masalah yang dapat dengan instan dihalau dengan permen mint bebas gula. Sebab ini bukan solusi permanen. Sebaiknya kamu mengkonsultasikan masalah ini pada dokter gigi untuk memgetahui kondisi mulutmu secara lebih detail. Barangkali bau mulutmu itu menjadi indikasi adanya masalah pada gigi, gusi, atau lidah.

Untuk pencegahan sebaiknya rutinlah menggosok gigi minimal dua kali sehari. Saat menggosok gigi pun, kamu juga perlu menyikat lembut lidahmu. Sebab kuman dan bakteri bisa bersarang di mana saja guys. Kamu juga harus rajin berkumur dengan air putih untuk membersihkan bakteri. Bila perlu gunakanlah pencuci mulut (mouthwash) yang mengandung antiseptik untuk menambah kesegaran.

Tak hanya itu, konsumsi makanan juga perlu diperhatikan. Bahkan katanya mengonsumsi makanan seperti mentimun, roti gandum, keju, hingga yogurt bisa menambah kesegaran napas. Di samping itu, kurangilah rokok, minuman bersoda, dan alkohol. Dengan menjaga asupan yang masuk, ini juga berarti dengan mengurangi efek yang mungkin muncul.

Mulut yang segar jelas akan menjadi faktor penunjang penampilanmu. Kalau mulutmu bau, orang juga jadi segan dekat-dekat denganmu. Mulut yang bau juga menjadi indikator orang yang jorok. Nah tidak mau kan mendapat predikat seperti ini? Maka dari itu, bijaklah dalam memilih makanan dan menjaga kesehatan mulut.

Sumber gambar: www.klikdokter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kompetisi Menjadi Sebab Utama Orang Suka Gosip

Kompetisi Menjadi Sebab Utama Orang Suka Gosip

Coba Lagi, Sriwijaya FC Anda Masih Punya Kesempatan

Coba Lagi, Sriwijaya FC: Anda Masih Punya Kesempatan