Picky Eater, Kenali Apa dan Mengapa Si Kecil Begitu
Sumber gambar: theconversation.com
in

Picky Eater, Kenali Apa dan Mengapa Si Kecil Begitu

UGET-UGET | Sebagai orang tua, kita harus memastikan asupan gizi yang diterima si Kecil. Tapi, bagaimana bila dia mengalami picky eater? Apa yang harus kita lakukan?

Sebelumnya, mari kita kenali dulu picky eater. Sesuai dengan namanya, picky eater adalah adalah anak yang suka pilih-pilih makanan. Si Kecil hanya mau mengonsumsi makanan tertentu yang dipilihnya. Apa anak Bunda juga begitu?

Jika iya, kita tentu khawatir tentang kebutuhan gizinya bukan? Hal ini memang cukup riskan. Dikhawatirkan makanan yang si Kecil pilih tidak mengandung nilai gizi yang lengkap. Tentu Bunda tidak ingin hal itu mengganggu pertumbuhannya bukan?

Picky Eater, Kenali Apa dan Mengapa Si Kecil Begitu
Sumber gambar: theconversation.com

Sebenarnya, mengapa sampai si Kecil pilih-pilih makanan? Dan apakah hal itu berbahaya untuknya? Pantaskah kita sebagai orang tua memarahinya ketika dia pilih-pilih makanan? Berikut pernyataan ahli mengenai hal tersebut.

“Picky eater sebenarnya bagian dari perkembangan anak. Itu menggambarkan bahwa anak sedang dalam proses belajar dan respons orangtua seharusnya bukan memarahi tapi memuji seperti, ‘Wah anakku sudah pintar memilih makanan’,” kata psikolog Tari Sandjojo, Psi, dikutip dari Viva.co.id.

Picky Eater, Kenali Apa dan Mengapa Si Kecil Begitu1
Sumber gambar: tribunnews.com

Selain dari sisi psikologis, spesialis anak Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K), menambahkan keterangan mengenai picky eater ini.

Menurutnya anak yang pilih-pilih makanan sebenarnya tidak bermasalah. Namun sebagai orang tau, kita harus pandai-pandai menyikapinya. Kita pun harus mengetahui penyebabnya agar mampu mengatasinya.

“Picky eater juga berkaitan dengan rasa dan tekstur makanan. Jadi pemilihan makanannya tidak bervariasi dan cenderung mengonsumsi satu jenis makanan saja. Tiga penyebab picky eater, antara lain kepribadian anak yang tidak mau coba sesuatu yang baru, lingkungannya kurang baik sehingga terjadi tekanan saat proses makan, serta makanan yang tidak bervariasi,” ungkapnya.

Nah, kalau sudah tahu penyebabnya, kita harus pandai-pandai menyikapinya ya. Jika anak enggan mencoba sesuatu yang baru, kita harus berusaha membujuknya dengan cara yang baik. Kita pun tidak boleh memberikan tekanan berlebihan kepada anak saat makan.

Selain itu, pastikan kita mampu menghadirkan makanan yang bervariasi untuk si Kecil. Jangan lupa kreasikan makanan yang menarik ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Cantik Itu Butuh Modal, Benar Nggak Sih Bagaimana Menurutmu

Cantik Itu Butuh Modal, Benar Nggak Sih? Bagaimana Menurutmu?

Timnas U-19 Indonesia vs Jepang Meski Jepang Diunggulkan Di Atas Kertas, Timnas Harus Unggul Di Atas Lapangan

Timnas U-19 Indonesia vs Jepang: Meski Jepang Diunggulkan Di Atas Kertas, Timnas Harus Unggul Di Atas Lapangan