Ngepop

Petuah untuk Mahasiswa Semester Akhir Agar Semakin Semangat dalam Mengakhiri Kuliah

UGETUGETUntukmu mahasiswa semester akhir, tentunya saat ini sedang disibukkan dengan skripsi atau tugas akhir bukan? Bagaimana kabar skripsimu? Sudah kamu revisi belum? Atau kamu bahkan belum mengerjakan sama sekali? Tidak mengapa, kamu tidak sendirian kok.

Ketika kamu sudah menjadi mahasiswa, pastinya ada rasa kebanggaan tersendiri bukan? Dapat lolos seleksi di perguruan tinggi yang kamu impikan dan dapat bersaing dengan calon mahasiswa lainnya. Sangat wajar apabila kamu pada saat di semester awal masih senang dengan euforia status baru sebagai mahasiswa. Pastinya kamu saat awal semester masih senang-senang dalam menjalani kuliah. Masih sering main dibandingkan masuk kuliah. Iya kan? Hayo ngaku…

Namun berbanding terbalik ketika kamu sudah memasuki semester akhir. Kamu akan mulai disibukkan dengan skripsi atau tugas akhir. Tak hanya skripsinya saja yang ribet, syarat untuk lulus saja juga masih banyak yang perlu kamu persiapkan. Misalnya bebas teori, tidak boleh ada nilai D, harus memiliki sertifikat seminar nasional, harus lulus tes TOEFL, dan syarat lainnya yang pastinya tiap kampus berbeda kebijakan.

Apa kamu sekarang sedang stress menghadapi skripsi? Sudah mulai jenuh untuk terpaku pada layar laptop, buku-buku tebal, dan jurnal? Mungkin kamu perlu petuah agar semakin semangat untuk mengakhiri kuliahmu. Apa saja itu?

Pertama, nggak usah buru-buru dalam mengerjakan skripsi

Setiap mahasiswa ada jalannya sendiri. Kamu tidak perlu buru-buru dalam mengerjakan skripsi. Tetap santai, tenang, dan harus fokus dengan tujuanmu. Kalau buru-buru biasanya hasilnya tidak maksimal. Kamu juga perlu memikirkan judul dan nilai yang kira-kira ingin kamu dapatkan.

Biasanya jika judul atau tema yang kamu ajukan berbeda dari yang lain atau belum pernah diteliti, ada kemungkinan kamu juga bisa mendapatkan nilai yang maksimal. Pastinya kamu juga ingin mendapatkan nilai skripsi yang bagus kan? Nah, maka kamu tidak perlu terlalu buru-buru ya, yang penting semuanya berjalan dengan baik agar hasilnya juga maksimal.

Petuah untuk Mahasiswa Semester Akhir Agar Semakin Semangat dalam Mengakhiri Kuliah

Sumber gambar: wisperma.wordpress.com

Kedua, setiap mahasiswa punya kesulitan dan kemudahan masing-masing

Kamu tidak perlu membandingkan skripsimu dengan skripsi temanmu. Skripsimu dirasa sulit, sedang skripsi temanmu kamu rasa mudah? Sudah, kamu tidak perlu membandingkan. Mungkin memang sudah jalannya kamu meneliti hal tersebut.

Percayalah, setiap mahasiswa semester akhir juga akan memiliki kemudahan dan kesulitannya masing-masing. Jika kamu merasa sulit dalam meneliti skripsi, kamu coba berpikir pasti ada jalan yang mudah dalam mengerjakan skripsi, misalnya dosen pembimbingmu merupakan dosen yang cukup menyenangkan. Jadi mulai sekarang kamu tidak perlu membandingkan dirimu dengan temanmu lagi ya.

Ketiga, jangan berlarut-larut dalam kesedihan ketika tidak ada pesan dari dosen pembimbing

Dosen pembimbingmu itu adalah orang sibuk. Kegiatannya tidak hanya mengurusi kamu untuk bimbingan saja. Pastinya ada kegiatan lain seperti mengajar, seminar, dan lain-lain. Kamu jangan berlarut-larut dalam kesedihan ketika dosen pembimbing tidak membalas pesanmu. Tunggu saja, tunggu terus, mulai seminggu, dua minggu, hingga sebulan.

Kamu perlu mengikuti aturan main dosen pembimbingmu. Pokoknya kamu harus sabar dalam menghadapi dosen pembimbing. Semangat ya!

Keempat, coba cari kegiatan lain yang kamu suka

Kamu sudah mulai stress? Skripsi susah, referensi susah didapat, dosen pembimbing nggak balas pesan? Apakah itu yang kamu rasakan? Kalau begitu kita sama.

Tidak mengapa. Seperti petuah nomor 3 di atas, jangan terlalu larut dalam kesedihan. Coba kamu cari kegiatan lain yang mengasyikkan. Misalnya jalan-jalan, gabung komunitas, atau magang selama beberapa bulan untuk mendapatkan pengalaman.

Kelima, kerjakan skripsi secara baik dan maksimal

Kamu jangan terlalu larut dengan kesenangan yang kamu dapatkan ketika berhenti menulis skripsi. Harus ada satu waktu dimana kamu harus fokus dan memulai lagi untuk mengerjakan skripsi.

Untukmu mahasiswa semester akhir, tentunya skripsi adalah sebuah karya ilmiah yang kamu buat sendiri untuk mendapatkan gelar sarjana. Kamu perlu mengerjakan skripsi dengan baik dan maksimal agar hasilnya juga tidak mengecewakan dan dapat membuat dirimu sendiri bangga dengan hasil karyamu. Tetap semangat ya kawan!

Semoga kelima petuah tersebut dapat membuatmu lebih semangat dalam menjalani semester akhir ya! Semangat skripsi kawan! Semoga cepat lulus!

Bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi