Pesawat Inovatif Ramah Telinga dan Hemat Energi: SAX-40
Sumber gambar: kompetiblog2013.wordpress.com
in

Pesawat Inovatif Ramah Telinga dan Hemat Energi: SAX-40

UGET UGET – Pernah mendengar sebuah pesawat inovatif ramah telinga? Apakah pesawat tanpa suara? Yang dimaksud pesawat ramah telinga adalah pesawat yang menghasilkan suara halus. Artinya suara yang dihasilkan tidak terdengar berisik seperti pesawat pada umumnya.

Peneliti Universitas Cambridge dan Institut Teknologi Massachusetts di London memperkenalkan sebuah inovatif pesawat ramah telinga yang dinamai SAX-40 (Silent Aircraft eXperimental). SAX-40 mempunyai kesenyapan suara 25 % dibanding pesawat penumpang tercanggih sekarang ini. SAX-40 ini juga hemat energi dengan konsumsi bahan bakar sekitar 1 liter untuk setiap 1,6 kilometer dengan 32 penumpang.

Tapi, kapasitas  SAX-40 sebanyak 125 penumpang. Jangkauannya bisa mencapai 9200 kilometer dengan kecepatan 955 km/jam atau 0,8 kali kecepatan suara. Jarak ketinggiannya mencapai 12-14 kilometer dengan bentang sayang 67,5 meter.

Bagaimana sistem kerja pesawat ramah telinga ini? Ada 6 titik utama yang mengontrol cara kerja pesawat ini.

Pertama, terdapat lubang udara masuk yang diletakkan di atas untuk meredam suara yang dihasilkan kipas angin. Kedua, bagian sayap menyatu dengan badan pesawat. Desain ini akan menurunkan hambatan udara yang dinyatakan sebesar 30% lebih kecil dibandingkan kendaraan udara sejenisnya.

Ketiga, SAX-40 didesain pula tanpa menggunakan sirip sayap. Keempat, bagian bawah dibuat lebih aerodinamis.

Kelima, mesin dibuat lebih besar dengan daya dorong yang lebih kuat pada putaran rendah, sehingga dapat lepas landas atau mendarat dengan segera. Keenam, lubang udara keluar dirancang dapat meredam suara yang dikeluarkan semburan mesin jet.

Desain SAX-40 ini ternyata sudah disiapkan sejak tahun 2003. Tim peneliti berharap SAX-40 akan mulai diterbangkan pada tahun 2030.

Ternyata harus membutuhkan waktu yang lama supaya bisa menikmati kendaraan yang canggih dan keren ini. Ya, butuh 13 tahun lagi. Jadi, harus bersabar menunggu dulu, ya.

Kalau di atas sudah dijelaskan bagaimana sistem kerja SAX-40 yang suaranya halus, lalu apa yang membuat kendaraan jalur udara pada umumnya memiliki suara yang berisik. Mungkin itu yang membuat penasaran.

Pesawat itu berisik dikarenakan terdapat dua sumber suara, yaitu mesin dan gesekan badan pesawat dengan udara. Jika jarak pesawat dengan daratan lebih dekat, tentu suara yang terdengar semakin keras, begitupun sebaliknya.

Sumber gambar: kompetiblog2013.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Teknologi Virtual Reality Wujudkan Pengalaman Pintu Ke Mana Saja Doraemon uget uget

Teknologi Virtual Reality Wujudkan Pengalaman Pintu Ke Mana Saja Doraemon

Acara Trans TV Termehek-Mehek yang Sekarang Bikin Mewek uget uget

Acara Trans TV Termehek-Mehek yang Sekarang Bikin Mewek