Pesan Tersembunyi yang Perlu Kamu Ketahui di Video Klip This Is America
Sumber gambar: www.ranker.com
in

Pesan Tersembunyi yang Perlu Kamu Ketahui di Video Klip This Is America

UGETUGET – Pada tanggal 5 Mei lalu, sesaat setelah melaksanakan siaran langsung konser di acara “Saturday Night Live”, Donald Glover langsung mengunggah di YouTube sebuah video klip This Is America menggunakan nama Childish Gambino.

Lirik dalam video klip ini mengisahkan kehidupan masyarakat modern di Amerika Serikat yang penuh dengan kekerasan, terlalu bebasnya perdagangan senjata, hingga mengakibatkan berbagai insiden tragis; mulai dari penembakan siswa di sebuah sekolah, penembakan jemaat gereja, dan berbagai tragedi penembakan lain.

Disutradari oleh rekan lamanya, yang juga salah satu rekan Donald saat menggarap serial Atlanta, Hiro Murai, video klip yang terkesan surealistik ini mencuri perhatian netizen dan langsung viral dalam hitungan hari. Efek lain, lagu milik Donald langsung naik menempati nomor satu di chart Billboard Amerika Serikat dan menjadi salah satu lagu yang paling sering diputar di aplikasi pemutar musik online Spotify.

Dalam video tersebut, sutradara Hiro Murai mengubah gudang kosong menjadi sebuah metafora akan kondisi negara pada tahun ini –negara yang tidak mampu untuk menyadari adanya hubungan tidak sehat antara senjata, rasisme dan masyarakat. Referensi dan pesan tersembunyi yang tersebar secara merata selama 4 menit durasi video ini pun menjadikan netizen seakan-akan pemburu Telur Paskah, menjadi perjalanan pikiran penuh makna untuk memahami visi Glover atas Amerika.

Di dalamnya, Anda akan menemukan kekerasan, hasrat melarikan diri dari kenyataan melalui seni, serta ulah masyarakat yang begitu mudah melupakan suatu tragedi menuju tragedi lain seakan-akan peristiwa tersebut tidak memiliki dampak atau kesan dalam kehidupan masyarakat. Berikut beberapa pesan tersembunyi dari video klip ini yang perlu kamu ketahui:

Pantalon

Sepanjang video, Donald hanya menggunakan celana pantalon dan bertelanjang dada. Ternyata pantalon yang digunakan Donald bukanlah pantalon biasa, karena itu adalah jenis pantalon yang digunakan sebagai seragam oleh pasukan Konfederasi saat Perang Saudara Amerika.

Dalam perang tersebut, pasukan Konfederasi bertindak sebagai algojo yang menentang keberadaan dan membantai masyarakat kulit hitam. Pemilihan kostum inilah yang menjadi salah satu citra kuat yang digunakan Donald untuk menyampaikan visinya.

Penggunaan dan Perlakuan Terhadap Senjata Api

Dalam pembukanya, Donald tampak menembak seseorang yang kepalanya dikerudungi kain putih: seakan-akan ia menambak terdakwa dan wajahnya juga tanpa beban. Setelah itu Donald meletakkan senjata itu pada nampan yang beralaskan kain warna merah dan dibawa oleh seseorang dengan seragam SMA.

Banyak ahli menyebutnya sebagai upaya Donald untuk mengkritisi ketidakjelasan pemerintah dalam menetapkan peraturan hukum berkenaan dengan kepemilikan senjata api. Kemudahaan akses atas senjata api beserta surat legal kepemilikannya, terlebih di wilayah Amerika Serikat bagian Selatan. Seakan waktu tak bergerak, sebagaimana pada masa Perang Saudara, hingga kini masih sering terjadi kekerasaan antar ras yang korbannya didominasi masyarakat kulit hitam.

Menari sebagai pengalihan

Terlepas dari kekacauan yang terjadi di belakangnya, Donald tetap saja menari bersama para murid sekolah. Seperti diarahkan, perhatian penonton pun juga diajak untuk hanya fokus menikmati tarian Donald. Hal ini menandakan betapa kebudayaan internet saat ini seringkali menjadikan hal-hal yang berbau viral menjadi alat pengalih perhatian masyarakat dari masalah yang sebenarnya.

Aksi Donald menembak kelompok paduan suara

Pesan Tersembunyi yang Perlu Kamu Ketahui di Video Klip This Is America
Sumber gambar: www.ranker.com

Pada pertengahan lagu, di tengah kericuhan yang terjadi, tiba-tiba ada suara paduan suara yang masuk. Lalu kita dibawa untuk menyaksikan Donald yang masuk dari sisi kanan, berjalan hingga tepat di depan kamera, di mana di belakangnya terdapat paduan suara yang ikut menyumbang backsound. Lalu, tiba-tiba Donald meraih senjata api, ditembakkan kepada kelompok tersebut, dan musik kembali dalam nada utama This Is America.

Adegan di atas mengingatkan masyarakat akan tragedi penembakan masyarakat yang terjadi di Gereja Charleston, Carolina Utara. Kasus penembakan yang menjadikan Dylann Roof sebagai tersangka ini menelan 9 korban jiwa. Adegan dalam musik video Donald di atas merupakan menjadikan penembakan ini sebagai referensinya.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kakeibo, Cara Menghemat Uang dari Jepang

Kakeibo, Cara Menghemat Uang dari Jepang

Restless Leg Syndrome, Kondisi Menggerakan Kaki Sebelum Tidur

Restless Leg Syndrome, Kondisi Menggerakan Kaki Sebelum Tidur