Perkembangan Dompet Dari Masa Ke Masa
Sumber gambar: bisniskeuangan.kompas.com
in

Perkembangan Dompet Dari Masa Ke Masa

UGET UGET – Dalam perkembangannya, suatu peradaban akan mempengaruhi produksi budaya setempat. Salah satu produksi budaya yang populer dan selama ini kita kenal adalah dompet. Bagaimana perkembangan dompet dari masa ke masa?

Beberapa orang memroduksi dompet dengan fungsi kekinian dengan dibekali alat canggih di dalam dompetnya, ada yang dibekali dengan GPS, ada yang dibekali dengan powerbank, bahkan ada yang dibekali dengan perangkat wifi.

Ini menunjukkan bahwa teknologi juga memiliki peran penting dalam perkembangan produk kebudayaan. Jika pada peradaban lalu dompet hanya digunakan sebagai tempat menyimpan uang yang wujudnya kantong dengan uang yang berbentuk bulatan logam. Sedangkan di era sekarang seseorang tidak perlu membawa uang konvensional seperti kertas atau logam, cukup membawa kartu bisa menjadi alat transaksi.

Kondisi tersebut mempengaruhi perkembangan dompet juga. Apalagi pemerintah mendukung warganya untuk menggunakan e-money atau uang internet untuk mengurangi produksi uang konvensional. Misalnya dengan menghimbau untuk membayar tol dengan e-money. Walaupun program itu sebenarnya sedikit “memaksa”, karena masyarakat tidak ingin ribet akhirnya juga patuh-patuh saja.

Keadaan itu membuat dompet di era sekarang, kebanyakan hanya untuk diisi kartu e-money atau berupa kartu-kartu identitas lainnya. Sedangkan untuk uang konvensional penggunaan hanya sekadarnya dan tahu tempat. Misalnya di wilayah-wilayah terpencil yang memang belum menggunakan e-money tetapi masih menggunakan uang konvensional.

Tidak itu saja bahkan ada beberapa uang virtual yang menjadi uang transaksi dunia karena keamanan uang tersebut, yaitu Bitcoin.

Kembali ke dompet atau wallet, melihat perkembangan sekarang yang menunjukkan bahwa dompet hanya dipakai untuk menyimpan kartu-kartu dan beberapa uang kovensional, maka sangat dimungkinkan jika dalam beberapa tahun kemudian dompet mungkin akan hilang dan fungsi dompet akan diganti dengan fungsi handphone.

Karena handphone sekarang sudah bisa menjadi alat transaksi pembayaran. Akan tetapi hilangnya dompet menjadi pertanda sudah majunya peradaban tersebut dalam hal transaksi dan pembayaran. Sehingga dukungan teknologi yang menyeluruh hingga ke wilayah-wilyah terpencil dan mengubah paradigma masyarakat-masyarakat wilayah terpencil bahwa menggunakan e-money lebih aman dari menggunakan uang konvensional. Apabila kedua unsur tesebut sudah diagendakan mungkin dompet tidak ada lagi.

Sumber gambar: bisniskeuangan.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

solusi otot ketarik

Solusi Otot Ketarik, Bisa Berobat Dirumah

Ini Lagu tentang Jatuh Cinta yang Bikin Kamu Melayang-layang

Ini Lagu Tentang Jatuh Cinta Yang Bikin Kamu Melayang-Layang