Perdebatan Bisa Jadi Tanda Hubungan Kalian Bakal Langgeng
Sumber gambar: budayajawa.id
in

Perdebatan Bisa Jadi Tanda Hubungan Kalian Bakal Langgeng

UGET UGET – Perdebatan dalam hubungan wajar terjadi. Mungkin selama ini perdebatan dinilai sebagai indikator hubungan yang tidak harmonis. Pertengkaran dan adu mulut dianggap sebagai sesuatu yang menunjukkan sikap yang belum sama-sama dewasa. Padahal tak selamanya demikian lho. Justru dengan begitu lah, kalian bisa saling terbuka.

Hubungan dua orang yang berbeda sangatlah mungkin terdapat perbedaan. Mungkin saja salah satu di antara kalian ada yang merasa keberatan akan sikap, karakter, kebiasaan, atau cara berpikir pasanganmu. Namun sering kali, baik kamu maupun pasanganmu merasa ragu untuk menyampaikan sesuatu yang dirasa mengganjal itu.

Hal yang biasanya membuatmu ragu itu biasanya berupa hal-hal yang sensitif. Entah itu masalah cara pengelolaan ekonomi, sikap, atau kebiasaan buruknya. Rasanya mungkin canggung bahkan takut kalau saja menyinggung perasaannya atau membuatnya marah. Akhirnya kamu tak ingin ambil risiko itu, dan memilih diam.

Perdebatan Bisa Jadi Tanda Hubungan Kalian Bakal Langgeng
Sumber gambar: budayajawa.id

Padahal segala sesuatu itu perlu untuk dikomunikasikan lho guys. Apalagi jika kalian sudah menjalin hubungan rumah tangga. Ini sangat menentukan langgeng tidaknya hubungan kalian. Kalau kalian terbiasa saling memendam perasaan, tidak berani menegur, dan lari dari masalah – itu semua akan terus menerus terakumulasi.

Akhirnya itu hanya akan menjadi beban berat. Bisa saja karena kesalahan kecil itu, kamu sampai hati berpikiran ingin putus dan berpisah. Maka dari itu penting untuk terus mengomunikasikan hal-hal yang sensitif seperti itu. Tentu saja kalian perlu membangunnya dengan iklim komunikasi yang positif. Bicarakanlah dengan tenang. Pun jangan gunakan kalimat yang terkesan menggurui, menuduh, atau bahkan menyudutkannya.

“Mas ini pengeluaran bulanan kita segini. Nah kemarin itu kan kamu bilang ada rencana mau beli sepeda gunung. Nah itu memang perlu banget?”
“Ya aku sih pingin buat olahraga aja, Say. Ini mumpung ada promo sih.”
“Masalahnya bulan ini juga kan rencana anak kita mau kita masukin les. Nah apa nggak ditunda dulu saja?”
“Iya sih ya… ya sudah tunda dulu saja. Pokoknya anak prioritas kita. Nggak masalah aku masih bisa pinjam sepeda tetangga kok hehe.”

Nah kalau diskusi begitu kan enak situasinya. Kalau pun harus berdebat lebih dulu, juga tak masalah. Asal harus ada titik temunya. Dengan terbuka, kalian bisa saling mengelaborasi pertimbangan lain yang perlu diprioritaskan. Hubungan kalian pun akan semakin erat dengan keterbukaan seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Candi Plaosan, Perlambang Cinta Rakai Pikatan

Candi Plaosan, Perlambang Cinta Rakai Pikatan

My Love From The Star, Serial Drama Korea Terbaru

My Love From The Star, Serial Drama Korea Terbaru