Kegagalan Bisa Sebabkan Anak Tidak PD, Di sini Pentingnya Peran Orang Tua
Sumber gambar: www.thestar.com
in

Kegagalan Bisa Sebabkan Anak Tidak PD, Di sini Pentingnya Peran Orang Tua

UGET UGET – Kegagalan mutlak terjadi. Kegagalan adalah proses belajar. Namun, anak kecil sering kali belum bisa menerima kegagalan dan cenderung menyalahkan keadaan. Anak kecil hanya bisa melampiaskan kesedihannya melalui tangisan. Kalau dibiarkan, kegagalan dapat memengaruhi rasa percaya diri anak. Karenanya, andil dan peran orang tua perlu diambil.

Anak kecil masih mengategorikan kegagalan dengan kesedihan, sebuah kondisi yang membuatnya jatuh terpuruk. Padahal kegagalan tidak segamblang itu untuk didefinisikan. Kegagalan bisa jadi justru merupakan peluang untuk lebih banyak belajar. Atau malah itu cara semesta mendekatkanmu dengan jalan yang seharusnya, dengan masa depanmu yang lebih cerah.

Anak kecil terlalu terobsesi dengan keberhasilan, mungkin karena tuntutan orang tua dan sekolahnya. Maka penting untuk mengenalkan dengan kegagalan. Bahwasannya hidup tidak melulu berada di atas, tapi bisa saja harus kamu usahakan dari nol.

Naluri anak kecil memang masih ingin dimanja, masih ingin bersenang-senang, dan cenderung tak mau mengenal kegagalan. Banyak anak yang karena kegagalannya lantas kecewa berat dan putus asa. Akhirnya, anak nengurung diri dan takut untuk mencoba kembali. Padahal kegagalan itulah pelajaran hidup yang sesungguhnya untuk bisa menggapai mimpi-mimpi besar kita.

Dilansir viva.com, menurut Roslina Verauli, Psikolog Anak, Remaja dan Keluarga, saat itu peran orangtua paling berarti bagi sang anak. Orang tua perlu mengembalikan kepercayaan diri anak. Caranya mudah, yaitu terus memberikan kepercayaan dan motivasi.

Hal terpenting adalah anak kembali percaya diri untuk mencoba kembali usahanya. Kegagalan memang keberhasilan yang tertunda, dan tugas orang tua adalah bagaimana membuat anak mau bangkit untuk mengejar ketertinggalannya.

Berikan kepercayaan pada anak untuk berani mencoba dengan cara lain. Tunjukkan bahwa si anak punya keistimewaan tersendiri, dan untuk menang dia perlu mengasah kemampuannya kembali. Tak lupa berikan dia motivasi dan kasih sayang. Tunjukkan bahwa orang tua masih akan tetap setia di sampingnya, apapun yang terjadi.

Katakan padanya bahwa hidup ini memang penuh persaingan. Di luar sana ada banyak orang hebat. Namun dengan ketekunan belajar, si anak bisa sama bahkan lebih hebatnya dari mereka.

Jangan patah semangat pula untuk mengajak dan mengikutsertakan anak pada berbagai kompetisi. Dengan begitu anak akan punya daya juang yang tinggi. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya.

Sumber gambar: www.thestar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

V Shape, Standar Kecantikan Wanita Korea

V Shape, Standar Kecantikan Wanita Korea

Cewek Pendiam Itu Jauh Lebih Menantang Di Mata Cowok

Cewek Pendiam Itu Jauh Lebih Menantang Di Mata Cowok