Pengiriman Perhiasan Emas Seharusnya Bisa Melalui Kantor Pos Indonesia Lho
Sumber gambar: mediaindonesia.com
in

Pengiriman Perhiasan Emas Seharusnya Bisa Melalui Kantor Pos Indonesia Lho

UGET UGET – Pada zaman sekarang ini, bolehkah kita mengirim perhiasan emas ataupun emas batangan melalui jasa kurir yang ada di Indonesia? Kenapa saya bertanya demikian, karena saat ini perkembangan bisnis perhiasan sudah mulai mengglobal. Perkembangan internet membuat semua komoditi bisa dijual secara online, apapun itu.

Kalau dulu perhiasan emas adalah sebuah barang yang mewah, yang bisa dibeli secara eksklusif dan harus secara offline dengan cara mendatangi toko perhiasan. Tetapi sekarang perkembangan zaman sudah sangat berbeda. Perekonomian digital telah mengubah segalanya.

Maka dari itu sebaiknya kurir pengiriman barang juga harus berbenah. Kalau beberapa tahun silam pengiriman perhiasan emas tidak mungkin dilakukan karena termasuk dalam kategori barang berharga yang rawan hilang. Tetapi menanggapi perkembangan zaman yang semakin menggila ini, lebih baik jasa pengiriman juga berbenah dengan cara menyediakan paket khusus untuk pengiriman barang berharga salah satunya adalah perhiasan emas.

Hal ini sudah direspon positif oleh Pos Indonesia dengan cara mengeluarkan paket pengiriman valuable goods. Valuable goods berarti barang-barang yang memiliki nilai lebih atau disebut juga barang berharga. Secara resmi, Pos Indonesia telah mengeluarkan berita bahwa yang termasuk dalam kategori valuable goods salah satunya adalah perhiasan emas, berlian dan intan.

Pihak pos juga telah bekerja sama dengan PT Antam untuk menyediakan emas yang mudah didapatkan oleh masyarakat. Caranya adalah dengan membeli emas Antam melalui kantor pos. Emas secara fisik akan dikirimkan melalui jasa Pos Indonesia. Dengan demikian, pihak pos telah memberikan lampu hijau untuk pengiriman perhiasan emas. Mereka menyediakan kargo khusus untuk mengangkut barang barang dalam kategori valuable goods. Lihat beritanya di sini

Sementara itu, yang termasuk ke dalam valuable goods adalah benda dengan nilai tinggi seperti emas, intan, berlian, dan cek.

Tetapi anehnya, ketika saya mengonfirmasikan berita tersebut kepada salah satu customer service Kantor Pos besar di Yogyakarta, dia bilang untuk perhiasan emas belum didukung oleh Pos Indonesia. Tetapi ketika saya perlihatkan berita yang ada di internet tadi, dan pertanyaannya saya balik

“Jadi, barang-barang apa yang termasuk dalam kategori valueable goods?”
Dia bilang “Ya itu tadi, termasuk emas dan berlian” sambil malu-malu kucing “tapi nanti saya tanyakan dulu kepada atasan saya”

Mungkin saja berita ini belum disosialisasikan kepada seluruh jajaran Pos Indonesia. Tapi itu sudah lebih baik karena Pos Indonesia sudah berbenah untuk menyambut perubahan.

Satu lagi yang sudah benar-benar mengaplikasikan pengiriman perhiasan emas adalah jasa ekspedisi RPX. RPX adalah anak perusahaan dari ekspedisi FedEx. Mereka telah mendukung pengiriman emas dengan asuransi secara penuh. Artinya jika barang hilang di perjalanan, misalkan dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, lengkap dengan perlindungan asuransi tadi, barang akan diganti 100%. Nilai maksimal yang akan diganti mencapai 20 juta rupiah.

Melihat kenyataan ini, sebenarnya pengiriman emas itu memungkinkan. Tinggal bagaimana mereka menyiapkan sistem yang aman, bentuk packaging yang aman dan tentu saja SDM yang mampu dipercaya.

Saya masih menunggu jasa kurir ekspedisi populer seperti JNE dan J&T melakukan hal yang sama.

Sumber gambar: mediaindonesia.com

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Girls Fact Cewek Suka Mengubah Cara Bicaranya Jadi Lebih Imut Buat Dapetin Perhatian Doi

Girls Fact: Cewek Suka Mengubah Cara Bicaranya Jadi Lebih Imut Buat Dapetin Perhatian Doi

Suara-Suara Kejujuran Silampukau

Suara-Suara Kejujuran Silampukau