Transfer Antar Bank Menggunakan Flip
Sumber gambar: suarahampa.blogspot.com
in

Pengalaman Transfer Antar Bank Menggunakan Flip

UGET UGET | Melanjutkan tulisan yang kemarin, akhirnya saya sudah diverifikasi oleh Flip. Sebenarnya proses verifikasinya hanya butuh beberapa jam saja, tapi karena banyaknya aktivitas saya belum sempat menulis artikel lanjutan.

Setelah proses verifikasi saya bisa mengirim uang uang melalui flip. Bagi yang tidak membaca artikel sebelumnya, Flip merupakan aplikasi untuk menjembatani transfer antar bank sehingga tidak ada biaya.

Meskipun tidak ada biaya administrasi, tapi jika kamu sudah mentransfer dalam satu hari melebihi batasan maka akan mengenakan biaya sebesar Rp 2.500/transaksi. Dalam satu hari, Flip memberikan batasan maksimal Rp 5.000.000. Jika melebihi batasan tersebut, maka kena biaya. Di sinilah Flip mendapatkan keuntungan.

Tapi itu lebih murah dibandingkan kita membayar ke bank. Biasanya kamu akan dikenai biaya sebesar Rp 6.500/transaksi. Dengan menggunakan flip kamu bisa menghemat Rp4.000.

Pengalaman Transfer Antar Bank Menggunakan Flip
Sumber gambar: flip.id

Kekurangan Flip

1. Waktu tunggu

Tentu saja Flip ada kekurangannya, yaitu ada waktu tunggu. Uang tidak langsung masuk ke rekening penerima. Setiap transaksi ada namanya antrian. Setiap transaksi maksimal membutuhkan waktu 20 menit, tetapi pada praktiknya hanya sekitar 5 menit, tergantung banyaknya antrian dan sistem perbankan.

Setelah transaksi berhasil, kamu akan mendapatkan bukti transfer dari Flip. Kamu bisa membagikan bukti transfer ini ke penerima, misal ke penjual online.

2. Jam Operasional

Saya tidak tahu bagaimana Flip bekerja, apakah semuanya dikerjakan oleh mesin? Karena jika membayangkan seseorang harus melakukan ribuan transaksi dalam satu hari, tentu saja ada kesalahannya dan itu sama sekali bukan ide yang bagus. Sepertinya mereka memiliki bot atau robot untuk melakukan proses transaksi.

Tetapi yang aneh, Flip memiliki jam operasional. Setiap transaksi yang berada di luar jam operasional mereka akan diproses pada jam operasional.

Jam operasional Flipp
Senin-Jumat pukul 08.00-18.00 WIB
Sabtu pukul 08.00-13.30 WIB

Artinya kita tidak bisa bertransaksi secara langsung pada malam hari. Serasa ini adalah salah satu kekurangan Flip. Semoga saja pengembangan ke depan bisa membuat Flip bekerja 100% tanpa bantuan manusia.

Pengalaman Salah Transfer

Karena baru saja menggunakan aplikasi, tentu saja ada yang namanya human error. Saking banyaknya aktivitas saya tidak fokus dengan apa yang saya kerjakan. Ketika hendak mentransfer yang saya lakukan langsung mentransfer ke Flip tanpa memasukkan antrian. Artinya saya tidak mendapatkan kode unik transaksi sehingga Flip tidak bisa transaksi tersebut.

Jujur saja, waktu itu saya sangat gugup. Mencoba untuk “berenang”, akhirnya saya menghubungi pihak Flip. Setelah itu saya melihat ada salah satu tombol yang labelnya Buat Refund. Tombol ini memang berguna untuk mengatasi salah transfer. Sepertinya memang banyak pengguna Flip yang sering melakukan salah transfer sehingga pada aplikasi terdapat fungsi refund.

Prosesnya sangat mudah. Yang saya butuhkan hanya bukti transfer merubah screenshot ataupun struk dari ATM. Yang perlu diperhatikan rekening yang digunakan untuk pengembalian dana harus sesuai dengan rekening ketika mentransfer.

Pihak Flip akan mengecek nomor rekening tersebut jika valid maka dana akan ditransfer sesuai dengan antrian. Biasanya antriannya lebih lama karena pintu adalah salah satu kecerobohan pengguna. Dan saya saya maklum dan berterima kasih sudah mengembalikan dana.

Kesimpulan

Dengan menggunakan Flip, proses membayar jadi lebih mudah dan lebih hemat. Saya bisa menghemat Rp 4.000 setiap transaksi, bahkan jika limit saya belum tercukupi pada hari itu saya bisa menghemat biaya transaksi 100%

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Seni Rupa untuk Menyembuhkan Derita Bangsa Pameran Tanda Cinta ugetuget.com

Seni Rupa untuk Menyembuhkan Derita Bangsa

Berbagi Printer di Jaringan Windows 10 Terbaru tanpa Username dan Password

Berbagi Printer di Jaringan Windows 10 Terbaru tanpa Username dan Password