Pengabdian Seorang Anak kepada Orang Tua untuk Membalas Kasih Sayang Mereka uget uget

Pengabdian Seorang Anak kepada Orang Tua untuk Membalas Kasih Sayang Mereka

UGET UGET – Sebagai anak kita pasti dipusingkan dengan bagaimana cara membalas kasih sayang orang tua? Apakah orang tua sudah bahagia dengan sikap dan kegiatan kita sekarang? Apakah orang tua sering merasa sakit hati dengan tindakan kita yang kita rasa sepertinya biasa-biasa saja? Bagaimana pengabdian seorang anak kepada orang tua?

Hal ini terus menghantui saya. Saya selalu berpikir kalau rasanya saya merepotkan orang tua terus. Contohnya saja mulai dari kebutuhan ekonomi untuk membayar uang kuliah saya yang tidak sedikit.

Rasanya apa yang saya lakukan tidak sebanding dengan kerja keras orang tua selama ini. Apa kalian juga pernah berpikir hal yang sama? Lantas apa yang harus kita lakukan untuk membalas kasih sayang orang tua?

Berikut saya paparkan beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membuat orang tua bahagia.

1. Jadilah anak yang baik-baik

Kata baik-baik sebenarnya memiliki makna yang banyak. Dan untuk membuat orang tua bahagia, kita harus jadi anak baik-baik. Kita tidak perlu mengikuti tren sekarang alias kids zaman now.

Kita tidak perlu untuk mencoba apa itu narkoba, seks bebas, dan perbuatan tercela lainnya. Sekali saja kita sudah terjerumus dengan hal tersebut dan orang tua tahu, mereka pasti akan sedih. Mereka pasti berpikir bahwa mereka belum bisa menjadi orang tua yang baik sampai kita melakukan hal tersebut.

Untuk itu, yuk jauhi tren-tren masa kini yang menyimpang dari norma ya. Masih banyak kok tren-tren masa kini yang dapat kamu ikuti.

2. Jangan bentak orang tuamu dengan kata-kata kasar

Hai kawan-kawanku. Apakah kalian masih sering membentak orang tua? Mulai sekarang hindari membentak orang tua ya.

Meskipun di hadapan kita mereka baik-baik saja, namun pasti hati mereka juga teriris. Mereka pasti punya pikiran apakah mereka sudah mendidikmu dengan hal-hal baik?

Mengapa kita sebagai anak masih bisa mengeluarkan kata-kata kasar? Bukankah sejak kecil kita diajarkan yang baik-baik?

Walau kamu sedang lelah dengan tugas-tugas kuliahmu, jangan sampai kamu kalap dan emosi ketika orang tua mengajakmu bicara atau minta tolong padamu.

Bicaralah baik-baik dengan orang tuamu kalau kamu sedang sibuk, nanti ketika semua tugasmu sudah selesai kamu bisa membantu mereka.

Yuk belajar untuk tidak membentak orang tua lagi ya.

3. Membantu orang tua dalam hal pekerjaan rumah

Orang tuamu pasti sudah lelah dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari. Mencari uang untuk kebutuhan rumah dan kebutuhuan kuliahmu. Di usiamu yang masih muda dan fisik masih kuat, bantulah mereka dalam hal pekerjaan rumah.

Pasti orang tua sangat lelah. Berangkat kerja pagi, pulang sore atau malam. Alangkah lebih baik ketika kamu membantu mereka dalam hal pekerjaan rumah, misalnya memasak, mencuci baju, mencuci piring, menyetrika, mengepel, dan lain-lain.

Ketika pekerjaan rumah sudah beres, orang tua pasti merasa lega dan bebannya sedikit berkurang.

Jadi kamu jangan malas-malasan untuk mengurus pekerjaan rumah ya.

4. Kuliah yang benar dan serius

Orang tua sudah mati-matian mencarikan dana untuk kamu kuliah. Jadi kamu harus kuliah yang sungguh-sungguh. Jangan bolosan atau titip absen ke teman. Kasihan lho mereka yang sudah banting tulang untuk mengurus kuliahmu.

Kamu harus kuliah yang benar, seperti masuk ketika ada jadwal kuliah, kerjakan semua tugas-tugas kuliah, jangan menunda pekerjaan, jangan pernah bolos atau titip absen.

Ketika kamu sudah di semester akhir, fokuslah untuk mengerjakan skripsi. Minta doa dari kedua orang tua. Pastikan kamu mendapatkan nilai yang bagus agar orang tua semakin bangga denganmu.

5. Berikanlah hasil karya terbaikmu

Orang tua pasti senang dan bangga ketika kamu memberikan hasil karya terbaikmu. Misalnya kamu juara lomba dan mendapatkan piala, mereka pasti bangga sekali padamu. Hanya dengan kumpulan prestasimu, orang tua sudah merasa bahagia.

Atau ketika kamu mampu bekerja secara part time dan sudah mendapatkan bayaran, sisihkan uangmu dan berikan kepada orang tuamu. Meskipun tidak seberapa, orang tua juga akan merasa senang kok.

Sederhana bukan cara membalas kasih sayang orang tua? Yuk coba satu per satu ya tips di atas.

Sumber gambar: id.pinterest.com

Yuk, Dapetin Konten Keren di Email

Kita pilihkan konten yang pasti kamu suka. Masukkan emailmu