Penelitian Terbaru Ini Berhasil Menjelaskan Fenomena Segitiga Bermuda
Sumber gambar: curiositiesfromtheworld.blogspot.com
in

Penelitian Terbaru Ini Berhasil Menjelaskan Fenomena Segitiga Bermuda. Bukan Mistis!

UGET-UGET | Selama ini kita mengenal Segitiga Bermuda sebagai muasal dari misteri dan keanehan yang terjadi di dunia. Banyak konspirasi dan misteri yang menaungi keberadaannya. Mulai dari kapal atau pesawat yang menghilang, radar kapal yang tiba-tiba tidak bisa digunakan, atau fenomena-fenomena alam misterius yang sering terjadi di tempat ini.

Misteri tentang wilayah ini dimulai saat Edward Jones menuliskannya dalam Miami Herald pada tahun 1950. Setelah itu, fenomena yang terjadi di Segitiga Bermuda kembali diulang pada tahun 1952 oleh George Sand di majalah Fate berkaitan insiden Flight-19. Dalam insiden tersebut, lima pesawat pembom torpedo lenyap saat sesi latihan pada tahun 1945.

Masih kurang? Di Indonesia memang jarang kita temui saksi hidup akan fenomena atau insiden yang pernah terjadi di wilayah ini. Namun, ada beberapa buku yang membahas secara mendetail, dan hampir seperti tulisan fiksi daripada ilmiah, tentang wilayah ini, yaitu buku Dajjal Akan Muncul dari Segitiga Bermuda dan Dialog dengan Jin Muslim. Cobalah kamu baca.

Penelitian Terbaru Ini Berhasil Menjelaskan Fenomena Segitiga Bermuda. Bukan Mistis!
Sumber gambar: Grid.id

Kini, secara perlahan, misteri dari Segitiga Bermuda mulai terkuak. Tentu tidak bisa kamu dapatkan dari kedua judul buku di atas. Lalu apa penyebab keanehan yang terjadi di tempat itu? Tentu bukan alien, UFO atau makhluk tak kasat mata. Penyebabnya sederhana, ombak.

Dilansir dari LiveScience, ide penyebab keanehan yang terjadi ini bukanlah hal yang baru. Namun, selama ini hanya baru menjadi ide dan asumsi saja. Hingga akhirnya, beberapa saat lalu, ilmuwan dari Inggris membahas bukti tentang gelombang aneh dan teori lain, seperti peran human error, dalam sebuah serial dokumenter sebanyak tiga episode yang ditayangkan oleh Channel 5 berjudul “The Bermuda Triangle Enigma”. 

Dalam dokumenter tersebut, para peneliti melakukan simulasi yang menunjukkan bagaimana sebuah perahu besar dapat dihancurkan oleh ombak raksasa. Ombak ini sendiri hanya berlangsung beberapa menit dan pertama kali ditangkap oleh satelit pada tahun 1997 di lepas pantai Afrika Selatan.

Beberapa gelombang yang pernah diabadikan malah ketinggiannya bisa mencapai 30m. Dijelaskan, gelombang tersebut muncul saat tiga badai besar dari tiga arah berbeda bertemu di satu titik.

Penelitian Terbaru Ini Berhasil Menjelaskan Fenomena Segitiga Bermuda
Sumber gambar: curiositiesfromtheworld.blogspot.com

Segitiga Bermuda terletak di lepas pantai Florida, tepat di atas Kuba. Dan kehadiran badai dari tiga arah ke wilayah tersebut bisa menciptakan formasi mematikan dan ombak-ombak yang merusak.

Hal ini sesuai dengan penjelasan dari badan pemerintah Amerika Serikat, The National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Menurut mereka, ombak monster berukuran dua kali lebih besar dari ukuran ombak sekitar. Ombak ini tidak bisa diprediksi kedatangannya dan seringkali datang secara tidak terduga dari berbagai arah.

Dalam film tersebut, ditunjukkan simulasi dari kapal berjenis USS Cyclops yang tenggelam di Segitiga Bermuda pada tahun 1918. Kapal ini merupakan kapal pengangkut batu bara yang digunakan untuk membawa bahan bakar kapal perang Amerika saat Perang Dunia. Kapal ini hilang tanpa bekas saat dalam perjalanan dari Bahia, Salvador menuju Baltimore.

Barangkali penjelasan di atas kurang memuaskan dahaga pembaca akan kisah-kisah misteri yang melingkupi Segitiga Bermuda. Namun, setidaknya ada tambahan informasi baru yang bisa menambah wawasan pembaca terkait bahasan ini.

Biru Samudra

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Menderita Tumor Mata, Anak Ini Ditolak Terbang oleh Maskapai

Menderita Tumor Mata, Anak Ini Ditolak Terbang oleh Maskapai. Anehnya..

Bingung Cari Kado untuk Pacar Seni Rajut Amigurumi Bisa Menjadi Solusimu

Bingung Cari Kado untuk Pacar? Seni Rajut Amigurumi Bisa Menjadi Solusimu