Pendidikan Karakter Pentingnya Penanaman Moral Sejak Dini
Sumber gambar: amriawan.blogspot.co.id
in

Pendidikan Karakter: Pentingnya Penanaman Moral Sejak Dini

UGET UGET – Pendidikan karakter menjadi salah satu hal yang penting di era saat ini. Jangan sampai ada anak cerdas dan bertalenta tapi tidak memiliki karakter baik. Saya bisa bilang itu percuma karena bagaimanapun, karakter akan sangat mempengaruhi bagaimana cara orang lain memandangnya.

Seorang anak sudah selayaknya dididik untuk memiliki karakter yang baik. Di zaman yang sudah semakin gila ini, akan sangat dikhawatirkan jika orang tua tidak mampu memberikan bekal kepada anaknya berupa ajaran untuk bertingkah laku yang baik.

Saya juga sering mendengar pendapat dari orang-orang bahwa mungkin akan lebih baik jika anak kecil, atau dengan kata lain di usianya yang masih dini, anak-anak sebaiknya tidak perlu diberi beban pelajaran yang berat dulu. Cukup sebuah pendidikan karakter yang baik untuk dia terapkan dan bawa hingga nanti tumbuh dewasa.

Sopan santun itu memang diperlukan. Attitude seseorang bisa jadi akan mempengaruhi kesuksesannya juga. Jadi, sebagai orang tua, jangan sampai kita hanya sibuk menyekolahkan anak kita agar pintar saja, namun pastikan juga dia memiliki karakter yang baik.

Pendidikan karakter sejak dini memang diperlukan karena anak harus mulai dibiasakan berkarakter baik sejak dini. Hal ini membuatnya terbentengi dari hal-hal negatif di masa depan. Apa jadinya jika anak sejak dini sudah salah asuhan? Dia mungkin akan semakin membangkang saat tumbuh besar.

Jadi, selagi anak kita masih mudah diarahkan, berusahalah untuk mengarahkannya pada arah yang benar. Bagaimanapun, peran orang tua sangat besar dalam mendidik anaknya. Kita tidak mungkin memasrahkannya pada tenaga pendidik di sekolah. Biarpun mereka juga berperan, tapi peran terbesar tetap ada di tangan kita.

Anak kecil diajari macam-macam agar pintar memang boleh-boleh saja. Apalagi di saat-saat usia emasnya. Saat di mana ia memang lebih mudah menerima pelajaran dan lebih mudah mengingatnya. Hal ini memang penting. Namun, jangan lupa untuk mengajarkan pula kepadanya bagaimana caranya harus bersikap baik kepada orang lain. Karena pendidikan karakter tidaklah kalah pentingnya dengan pendidikan lainnya.

Sumber gambar: amriawan.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Lagu Baru ini Memang Seharusnya Pantas Ada di Playlist-mu

Lagu Baru ini Memang Seharusnya Pantas Ada di Playlist-mu

Menghargai Diri Sendiri Dapat Membuat Hidup Bahagia

Menghargai Diri Sendiri Dapat Membuat Hidup Bahagia