Pendidik PAUD Belum Masuk Sertifikasi Guru Untuk Terima Tunjangan Profesi
Sumber gambar: radarlombok.co.id
in

Pendidik PAUD Belum Masuk Sertifikasi Guru Untuk Terima Tunjangan Profesi

UGET UGET – Pendidik PAUD belum bisa menerima tunjangan profesi layaknya sertifikasi guru TK yang mendapat tunjangan profesi dengan besaran 1x gaji pokok. PAUD tidak termasuk dalam kerangka Peraturan Walikota untuk mendapatkan tunjangan, karenanya untuk mengimbanginya, Pemerintah Pusat dan Daerah memberikan tunjangan berupa insentif.

“Secara undang-undang belum kuat jadi tidak bisa menerima anggaran. Makanya guru PAUD disebut pendidik, bukan guru. Mereka juga belum bisa masuk proses sertifikasi,” ujar Dedy Budiono selaku Kabid PNF Dan PAUD dalam jumpa pers Gebyar PAUD 2017 di Diskominfo dan Persandian Kota Yogyakarta, Selasa (12/12) siang.

Insentif dana dari APBD dan APBN Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta akan dapat diperoleh apabila Pendidik PAUD telah mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar), Diklat Lanjut, maupun Bimbingan Teknis untuk mereka yang berusia lebih dari 50 tahun.

“Besarannya berbeda untuk yang sudah ikut Diksar 1,2 juta, yang Diklat Lanjut 1,5 juta per tahun diterimakan setiap 6 bulan,” kata Desy Maria Ulfa, S.Pd, Ketua Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Umbulharjo sekaligus Pengelola KB dan Daycare Candice Kids.

Insentif ini dipastikan ada dengan kebijakan yang berbeda di setiap tahunnya. Apabila diestimasi, dalam satu bulannya para pendidik PAUD menerima tidak lebih dari Rp 150 ribu. Nominal ini terlihat kecil bagi saya. Namun Desy selaku pengelola KB, tetap melihat insentif ini sebagai sesuatu yang positif.

“Setidaknya ini sebagai bentuk penghargaan kepada para pendidik PAUD,” paparnya.

Nantinya acara Gebyar PAUD akan dilaksanakan Kamis (14/12) di Taman Pintar. Himpaudi akan mengundang total 932 anak usia PAUD dari 14 kecamatan se kota Yogyakarta. Akan ada banyak acara menarik. Mulau dari pojok kreativitas meronce, mewarnai, kolase cooking class dan lain sebagainya.

Acara ini juga akan dihadiri masing-masing perwakilan dari forum yang membawahi satuan PAUD sejenis, Himpaudi yang membawahi Kelompok Bermain dan Tempat Penitipan anak (KBTPA), juga Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) yang membawahi TK. Acara ini bisa menjadi ajang perjumpaan para pendidik, guru, dan anak-anak.

Sumber gambar: radarlombok.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kiat-kiat Menulis untuk Penulis Pemula

Kiat-kiat Menulis untuk Penulis Pemula

Chelsea vs Barcelona di Babak 16 Besar Liga Champion Memiliki Kenangan Tersendiri

Chelsea vs Barcelona di Babak 16 Besar Liga Champion Memiliki Kenangan Tersendiri