Pencemaran Mengancam Keberadaan Taman Laut, Yuk Peduli
Sumber gambar: hogarmania.com
in

Pencemaran Mengancam Keberadaan Taman Laut, Yuk Peduli

UGETUGET | Indonesia memiliki banyak taman laut yang indah. Tidak heran, jika banyak wisatawan yang tertarik untuk melihatnya. Lalu, bagaimana kondisi taman yang berada di bawah laut Indonesia sekarang ini?

Taman laut merupakan area di dalam laut yang menjadi tempat hidup berbagai biota laut. Di sini kalian bisa mendapati terumbu karang, berbagai jenis ikan, dan beragam makhluk hidup lainnya. Inilah yang menjadikan orang ingin melihat keindahan alam ini dari dekat.

Indonesia memiliki sejumlah taman laut nasional seperti Bunaken (Sulawesi Utara), Banda Neira (Maluku), Kepulauan Togian (Sulawesi Tengah), ataupun teluk Cendrawasih (Papua).

Taman-taman tersebut sudah terkenal ke seluruh dunia. Tak heran banyak wisatawan dari luar negeri yang menghabiskan waktu liburannya berkunjung ke sini.

Keindahan bawah laut Bunaken
Sumber gambar: liputan6.com | Keindahan bawah laut Bunaken.

Wisatawan asing yang datang itu menilai taman-taman laut di Indonesia masih alami dan memiliki biota laut yang sangat kaya. Taman Laut Bunaken contohnya, merupakan taman dengan jenis biota laut terkaya di dunia.

Keindahan laut ini bisa dilihat dengan perahu-perahu berkaca yang biasa disebut katamaran, kalian pun bisa melakukan snorkling atau menyelam.

Tetapi sayangnya, wilayah laut di Indonesia yang lain sudah mulai terganggu. Salah satunya adalah gangguan pada terumbu karang sebagai akibat dari kegiatan manusia.

Terumbu Karang Tercemar

Indahnya pemandangan di Wakatobi
Sumber gambar: liputan6.com | Indahnya pemandangan di Wakatobi.

Rusaknya terumbu karang mengakibatkan terganggunya tempat mencari makan biota laut. Apabila keadaan ini tidak lekas ditanggulangi, ikan-ikan maupun hewan laut lainnya akan punah. Bahkan ikan-ikan yang biasa dikonsumsi oleh manusia pun dapat ikut punah.

Di samping itu, pencemaran laut juga berperan besar terhadap perusakan laut. Limbah yang dibuang ke laut, secara langsung ataupun melalui sungai, lambat laun akan merusak ekosistem di dalam laut.

Maka dari itu, kita harus ikut menjaga kelestarian laut. Kita bisa melakukannya dengan mengurangi pembuangan bahan kimia dari rumah.

Contohnya dengan cara menghindari penggunaan detergen yang berlebihan. Jika tidak, sisa detergen yang terbuang ke saluran air akan terbawa ke laut dan merusak habitat yang ada di sana.

Bagaimana pikiran dan perasaan teman-teman sekalian setelah mengetahui kondisi taman laut di Indonesia saat ini?

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Robot Bermesin Cerdas, Inilah Era Artificial Intelligence

Robot Bermesin Cerdas, Inilah Era Artificial Intelligence

Kata-Kata Merry Riana Manakah yang Membuat Billy Tersentuh?

Kata-Kata Merry Riana Manakah yang Membuat Billy Tersentuh?