Penanganan yang Tepat Ketika Telinga Berdenging
Sumber gambar: otcdigest.id
in

Penanganan yang Tepat Ketika Telinga Berdenging

UGETUGETTelinga merupakan salah satu organ tubuh yang cukup penting bagi manusia. Organ ini berfungsi untuk mendengarkan suara yang ada di sekitar kita. Untuk itu telinga perlu dirawat dan dibersihkan dengan baik. Pernahkah kamu merasakan telinga berdenging? Jika pernah rasanya sangat sakit dan tidak jelas untuk mendengarkan, bukan?

Hal ini beberapa waktu lalu juga saya alami. Bahkan saya juga sering mengalami telinga berdenging sekitar 3 sampai 4 kali. Saya juga bingung mengapa hal ini bisa terjadi, padahal saya termasuk orang yang menjaga kebersihan, begitu pula dengan telinga saya yang rajin saya bersihkan.

Seperti orang pada umumnya, saya membersihkan telinga dengan menggunakan cotton buds. Paling tidak dalam waktu seminggu sekali saya pasti membersihkan telinga. Namun saya heran dengan kondisi telinga saya yang sering berbunyi “nging” ketika selesai dibersihkan. Sungguh rasanya teramat sangat sakit dan tidak mampu mendengar dengan jelas.

Akhirnya karena sudah tidak kuat dengan rasa sakitnya, saya pergi ke puskesmas untuk diperiksa. Alangkah kagetnya saya begitu tahu ternyata setelah dicek oleh dokter, telinga saya masih banyak kotoran. Bahkan kotoran ini mengeras dan inilah yang menyebabkan telinga saya berbunyi “nging”.

Mengapa kotoran telinga bisa mengeras? Padahal juga sudah rajin membersihkan telinga. Ada berbagai macam faktor yang telah dijelaskan oleh dokter yang memeriksa telinga saya. Faktor-faktor tersebut antara lain, (1) jari tangan tidak steril ketika membersihkan telinga, sehingga kotoran juga semakin banyak (2) terlalu sering dibersihkan menggunakan cotton buds, sehingga menyebabkan kotoran itu malah semakin masuk ke dalam, (3) penggunaan earphone dengan volume suara yang keras juga dapat menjadi pemicu mengapa telinga bisa berdenging.

Ternyata faktor-faktor tersebut juga terjadi pada saya. Belakangan ini saya sering mendengarkan lagu dengan menggunakan earphone, kemungkinan earphone yang dipakai tidak steril, sehingga kotoran juga semakin menumpuk di dalam.

Lantas, bagaimana jika kamu juga mengalami hal ini? Langkah yang tepat adalah jangan curek-curek telingamu dengan tangan maupun cotton buds. Semakin sering kamu memasukkan sesuatu ke dalam telinga, rasanya nanti akan semakin sakit. Selanjutnya, kamu perlu cepat-cepat ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Jika ditemukan kotoran yang mengeras pada telingamu, nantinya akan diambil oleh dokter dengan menggunakan alat khusus. Namun jika kotoran itu masih sangat keras, tentunya kamu akan disarankan oleh dokter untuk meneteskan obat telinga terlebih dahulu. Setelah itu jika kotoran telingamu sudah mulai lunak, baru bisa diambil dengan menggunakan alat. Hal ini dilakukan agar tidak membuat telingamu lebih sakit atau terluka.

Rasanya sangat lega ketika kotoran yang menumpuk itu bisa diambil oleh dokter. Seketika rasanya plong dan telingamu tidak berdenging lagi. Meskipun kamu mengalami hal ini bukan berarti kamu orang yang tidak menjaga kebersihan telinga. Bahkan yang sudah rajin membersihkan telinga saja juga bisa mengalami hal ini karena berbagai faktor.

Nah mulai sekarang lebih rajin lagi dalam membersihkan telinga ya! Kalau masih ragu dengan kebersihan telingamu, kamu bisa ke dokter untuk minta tolong dibersihkan.

Sumber gambar: otcdigest.id

One Comment

Leave a Reply
  1. Cara membersihkan telinga yang baik seperti apa ya? Membersihkan pakai tangan dan cotton buds tidak boleh. Apa pergi ke dokter satu-satunya cara? Saya kira, perg ke dokter jika sudah tidak ada cara lain yang bisa kita lakukan. Jika masih, ya kita lakukan sendiri. Apalagi masih tingkat ringan. Kita bisa menangani sendiri secara periodik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Mengharukan, Pengguna Twitter Ini Membagikan Kisah Asmaranya yang Gagal Menikah Setelah Pacaran Selama 5 Tahun

Mengharukan, Pengguna Twitter Ini Membagikan Kisah Asmaranya yang Gagal Menikah Setelah Pacaran Selama 5 Tahun

Menggelitik! Suami Istri Ini Bikin Surat Perjanjian Bermaterai

Menggelitik! Suami Istri Ini Bikin Surat Perjanjian Bermaterai